Sukses

Post-vacation blues

16 Jul 2018, 22:26 WIB
Pria, 13 tahun.

Dok, Saya Mau Nanya. Ini Tentang Psikologis. Saya Pulang Kampung Tahun ini. Saya Ini Pelajar. Mau Tidak Mau Setelah Liburan Saya Harus Sekolah. Saya Belum Masuk, Masuknya Tanggal 15. Setelah Liburan ini, Saya Merasa Sangat Gelisah dan Sedih, Bahkan Gemetar. Di Kampung Saya Banyak Sekali Keluarga yang Saya Sayangi. Rasanya Saya Sangat Merindukan Momen itu, Sampai Rasanya Sedih Sekali. Serta Karena di Rumah Paman saya, Dia Seorang Kolonel TNI yang Hidupnya Penuh Dengan Kemewahan. Sedangkan saya Hidup dengan Pas Pasan. Itu Membuat saya Merasa Hidup yang "Berbeda". Ganjil saja Rasanya. Kira Kira Seperti itu Dok.

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda

Yang anda rasakan kemungkinan adalah Post-vacation blues. Post-vacation blues adalah perasaan sedih setelah kembali dari liburan. Semakin panjang liburan, maka semakin besar kemungkinan terjadinya post-vacation blues. Umumnya, mereka menyadari betapa membosankan dan tidak memuaskan kehidupan normal yang mereka jalani. Post-vacation blues dapat menyebabkan perasaan lelah, hilang nafsu makan, bahkan depresi. Jadi, Anda perlu cermat dalam mencegah terjadinya perasaan sedih setelah liburan ini.

Bagaimana Cara Mengurangi Post-Vacation Blues?

Pada umumnya, post-vacation blues akan berkurang seiring berjalannya waktu. Biasanya akan memakan waktu beberapa hari, namun pada kasus ekstrem memerlukan beberapa minggu sampai suasana hati kembali normal. Namun, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi post-vacation blues.

Jika Anda merencanakan liburan, cobalah untuk menyisakan satu hari libur sebelum Anda masuk sekolah/bekerja. Dengan menyisakan satu hari sisa tersebut, maka Anda dapat mempersiapkan kondisi mental Anda dengan beristirahat di rumah sebelum kembali beraktivitas. Menyisakan satu hari di rumah juga memberikan kesempatan pada diri Anda untuk mengurangi jet lag yang umumnya dirasakan setelah liburan.

Mengenang liburan yang Anda jalani juga merupakan cara yang baik. Cobalah lihat foto atau cenderamata yang Anda beli saat liburan. Bagikan pengalaman liburan Anda dengan orang sekitar Anda. Selain itu, Anda juga dapat merencanakan liburan selanjutnya, untuk dijadikan acuan diri Anda pada masa mendatang.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat

0 Komentar

Belum ada komentar