Sukses

Gatal Pada Telapak Tangan

16 Jul 2018, 22:19 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dokter, telapak tangan saya keduanya gatal. Kemudian malamnya saya minum obat anti alergi (karena saya pikir mungkin ini efek makanan). Besok paginya, telapak tangan saya muncul bruntusan banyak seperti bengkak gitu kecil-kecil. Tetapi tidak terlalu gatal. Dan bruntusan ini bertambah, sementara saya juga masih minum obat anti alergi itu. Sekarang, jika bruntusannya itu dilihat dengan senter, maka di dalam setiap bruntusannya itu terdapat apa ya, seperti air atau bintik-bintik gitu. Saya juga gak tahu pastinya apa itu. Kira-kira ini kenapa ya dok? Virus atau memang alergi?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Saudara/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda.

Keluhan Anda adalah bintik-bintik merah yang terasa gatal pada area kulit telapak tangan. Sejak kapan keluhan Anda terjadi? Apakah keluhan Anda terjadi pada kedua telapak tangan atau hanya pada salah satu telapak tangan saja? Apakah bintik-bintik semakin bertambah banyak? Adakah faktor yang memicu timbulnya keluhan pada telapak tangan Anda?

Bintik-bintik merah pada kulit yang terasa gatal, paing sering terjadi karena alergi. Namun, dapat juga terjadi karena infeksi. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan faktor pemicu yang menyebabkan munculnya keluhan Anda dan kemudian melakukan penghindaran. Kelainan kulit memang paling baik jika didiagnosis melalui pemeriksaan secara langsung. Untuk itu, sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan secara langsung, jika memang karena alergi, dokter akan memberikan salep untuk mengurangi rasa gatal. Jika karena alergi, maka penting untuk mengetahui penyebabnya dan kemudian menghindari faktor tersebut untuk mencegah kekambuhan. Namun, jika karena infeksi maka dokter akan memberikan salep antibitoik untuk menangani mikroorganisme penyebab infeksi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar