Sukses

Mengatasi Gejala Menopause
16 Jul 2018, 12:33 WIB
Wanita, 50 tahun.

Dok saya memasuki masa menopouse.tp saya sangat tersiksa karna setiap mlm terbangun dr tdr kadang berkwringat dan cemas shg tensi saya naik.kebetulan sya pengidap hipertensi.padahal pagi saya sdh mengkomsumsi obat hipertensi amplodipine 10mg.tp karna tengah malam sya terbangun karna panas berkerinat atau hot flush dan cemas akhirnya tensi sya naik lagi.dan jantung berdebar2.pertanyaan saya bolehkah sya minum obat darah tinggi lg..karna tensi saya trus naik.atau minum obat concor jantung spy tdk berdebar2? Mohon petunjuk.trims

Terima kasih telah bertanya tentang Mengatasi Gejala Menopause melalui fitur Tanya Dokter

Kebanyakan wanita yang mengalami menopause memang umumnya akan mengeluhkan beberapa gejala. Salah satunya rasa kepanasan yang muncul secara tiba-tiba dan menyebar ke seluruh tubuh, biasanya disertai  kemerahan dan keluarnya keringat. Gejala lainnya yaitu gangguan tidur, mood swing, kelelahan, sensitif, nyeri otot dan sendi, dan sebagainya.

Gejala tersebut dapat menimbulkan masalah dan menghambat aktivitas Anda sehari-hari. Berikut ini delapan kiat untuk mengatasi gejala menopause yang dapat Anda lakukan:

Tidur cukupTidur yang cukup minimal 7-9 jam sehari akan membantu mengurangi gangguan tidur, mood swing, serta sakit kepala. Beberapa wanita terkadang juga mengalami rasa panas di seluruh tubuh, sehingga kesulitan tidur. Karena itu, hindari tidur di siang hari agar tidak terjaga pada malam harinya.

Hindari minuman berkafein dan beralkoholMengonsumsi minuman berkafein dan beralkohol akan membuat Anda tidak mengantuk pada malam hari. Di samping itu, minuman berkafein dan beralkohol juga dapat memicu rasa panas semakin hebat.

Hindari penggunaan pakaian yang terlalu tebalJangan mengenakan pakaian yang berlapis-lapis atau yang berbahan poliester, karena akan memperberat rasa panas. Sebaliknya, gunakan pakaian yang tipis, nyaman, atau berbahan katun. Udara juga sangat berperan penting. Jadi, hindari keluar di siang hari atau berada di ruangan yang panas tanpa kipas angin atau pendingin ruangan.

Konsumsi makanan bergiziPerbanyaklah konsumsi makanan yang kaya vitamin seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Susu kedelai juga bagus karena mengandung estrogen alami yang dibutuhkan tubuh. Perlu diketahui bahwa estrogen berkurang saat wanita mengalami menopause sehingga dibutuhkan asupan dari luar. Singkirkan makanan yang terlalu manis, berminyak, dan mengandung lemak jenuh. Makanan yang pedas sebaiknya juga dihindari karena akan memicu timbulnya rasa panas pada tubuh.

Jaga berat badan tetap idealMengurangi berat badan dapat membantu mengatasi keluhan menopause, seperti rasa panas akibat tumpukan lemak di tubuh.

Olahraga rutinOlahraga aerobik, yoga, jogging, dan berenang dipercaya mampu mengatasi gejala menopause.

Obat-obatanUntuk mengatasi gejala menopause, beberapa terapi dan obat-obatan yang dapat diberikan oleh dokter adalah terapi hormon, vaginal estrogen, antidepresan, dan gabapentin.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Mengatasi Gejala Menopause. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar