Sukses

Penyebab Gatal Saat Hamil

16 Jul 2018, 12:19 WIB
Pria, 29 tahun.

Saya mengalami gatal gatal di awal kehamilan saya, sekarang ini merupakan minggu ke-6 saya hamil, dan ini merupakan kehamilan pertama saya. Gatal gatal ini berada di area perut, tangan, punggung, hingga ke kaki. Gatal-gatal yang saya rasakan seperti campak yang tidak berair. Saya mengkonsumsi obat oral gatal Clarityne, dan cream Elosone yang diberikan dokter kepada saya. Saat ini saya pun mengkonsumsi obat oral Acid Folic, Iron, Obimin, dan B-Complex. Akan tetapi sudah 2 minggu ini, tidak ada perubahan pada badan saya, malah mengalami kegatalan yang bertambah luar biasa di sekujur badan. Apa yang sebaiknya saya lakukan? Apakah ini normal? Apakah obat obatan yang saya konsumsi ini berbahaya sehingga dapat mengakibatkan kegatalan pada tubuh saya?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Penyebab Gatal Saat Hamil melalui fitur Tanya Dokter.

Pada kehamilan, akibat perubahan hormon, dapat terjadi perubahan pada kulit, rambut dan kuku baik yang normal maupun yang tidak normal. Untuk kondisi Anda, masih banyak kemungkinan yang mendasarinya. Gatal-gatal yang terjadi perlu dilihat pada trimester berapa kehamilan, bagaimana awal terjadinya, di mana saja sebarannya, dan apa keluhan lain yang menyertainya. Beberapa kemungkinan penyakit kulit yang menyebabkan keluhan Anda ialah:

Prurigo pada kehamilan - berupa papul (bentol) yang gatal, bisa terjadi pada trimester berapapun. Biasanya diatasi dengan penggunaan pelembab dan steroid topikal.PUPPP (Pruritic Urticated Papules and Plaques of Pregnancy) - sering terjadi pada kehamilan pertama dan yang memiliki banyak anak sebelumnya. Terjadi pada trimester ketiga dan akan hilang beberapa hari setelah melahirkan. Bentol/gatal berwarna kemerahan, awalnya muncul di daerah perut yang kemudian menyebar ke dada dan lengan atas. Penggunaan pelembab, steroid topikal dan antihistamin dapat membantu.Pemphigoid gestationis - kulit melenting, paling sering muncul di trimester kedua (minggu ke-13 s/d 26 kehamilan). Gatal-gatal yang terjadi utamanya di sekitar perut namun bisa menyebar ke seluruh tubuh. Jika luas, umumnya diberikan steroid oral.Pada dasarnya kelainan kulit membutuhkan pemeriksaan secara langsung oleh dokter kulit dan kelamin. Bentuk kelainan dan penyebarannya dapat menentukan apa penyebab sesungguhnya. Kami sarankan Anda untuk segera menemui dokter kulit agar diberikan penanganan yang tepat. Apalagi, Anda sedang hamil. Pemberian obat-obatan harus hati-hati agar tidak berefek kepada janin yang sedang dikandung.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Penyebab Gatal Saat Hamil. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar