Sukses

Oophoritis Tuberculosa
16 Jul 2018, 10:31 WIB
Wanita, 24 tahun.

Hai dok, adik saya ada asites dan effusi pleura. dan sudah disedot untuk effusi pleuranya. Setelah dicek ternyata ada kistoma lebih dr 10cm. 2 pekan lalu biopsi kista ovarium dan hasil PAnya oothoritis tuberculosa dan tidak ditemukan sel ganas. Apa yg dimaksud dengan oophoritis tuberculosa? Dikarenakan ketika konsultasi hanya pasien yang boleh masuk. Terima kasih sebelumnya

Terima kasih telah bertanya tentang Oophoritis Tuberculosa melalui fitur Tanya Dokter

Oophoritis adalah perdangan pada indung telur atau ovarium. Penyebabnya bermacam- macam, salah satunya adalah penyakit tuberkulosis yang terjadi di luar paru. Pada kasus tersebut, peradangan ovarium tersebut dinamakan oophorritis tuberculosa. Penyakit ini merupakan bagian dari penyakit radang panggul. Sekilas kami akan menjelaskan mengenai penyakit radang panggul. Penyakit radang panggul adalah infeksi pada organ reproduksi wanita bagian atas yaitu endometrium, miometrium, tuba falopii, ovarium dan peritoneum pelvis. Penularan utamanya memang melalui hubungan seksual. Penyakit radang panggul yang tidak ditangani dengan baik tentu berpengaruh dengan tingkat kesuburan seseorang.

Gejalanya sebagai berikut:

Gejala utamanya adalah rasa nyeri hebat di perut bagian bawah.Ditemukan cairan servikal dan vaginal yang abnormal.Dispareunia (nyeri saat berhubungan seksual).Demam (Temperature diatas 38,3 derajat celcius).Nyeri saat buang air kecil.Muntah.

Penyakit radang panggul juga dapat dipengaruhi oleh faktor resiko. Faktor resikonya antara lain: 

Riwayat penyakit radang panggul yang berulang.Melakukan hubungan seksual dengan penderita penyakit menular seksual.Pasangan seksual yang lebih dari satu.Tindakan operasi didaerah genital.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Oophoritis Tuberculosa. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar