Sukses

Nyeri Tenggorokan dan Suara Serak

16 Jul 2018, 12:15 WIB
Pria, 18 tahun.

tenggorokan saya selalu serak kalau malam atau saat cuaca dingin. kalau minum es juga jadinya bengkak. pernah di periksa dibilang amandel. tapi bengkak nya mudah hilang. apakah saya benar amandel? rasanya bukan amandel. karena selalu diringi dengan batuk dan sesak napas

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Nyeri Tenggorokan dan Suara Serak melalui fitur Tanya Dokter.

Sejak kapan keluhan tersebut dirasakan? apakah sebelumnya Anda sudah pernah memeriksakan diri ke dokter? apakah ada keluhan lainnya seperti demam, batuk, pilek, dan lainnya? Diperlukan pemeriksaan fisik dan penunjang untuk mengetahui faktor penyebab sakit tenggorokan tersebut. Penyebab sakit tenggorokan dapat bervariasi antara lain infeksi bakteri, infeksi virus, alergi, iritasi seperti polusi atau rokok, dan sebagainya. Jika penyebabnya adalah bakteri, diperlukan pemberian antibiotik. Jika disebabkan oleh virus, maka diperlukan istirahat total dan daya tahan tubuh optimal untuk mengatasi infeksi virus tersebut. Jika dikarenakan iritasi, maka faktor iritan harus dihindari. Keluhan suara yang serak dan hampir hilang dapat terjadi akibat peradangan yang juga terjadi pada dinding tenggorokan (daerah larynx) sehingga proses pembentukan suara ikut terganggu.

Sayang sekali informasi yang Anda berikan sangat terbatas, kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis THT agar dilakukan pemeriksaan fisik, penunjang, dan penanganan optimal. Sementara itu, beberapa hal yang dapat Anda lakukan antara lain: minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap harinya, hindari rokok, minum air hangat yang dicampur dengan madu atau lemon, berkumur-kumur dengan air garam untuk meredakan gejala.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Nyeri Tenggorokan dan Suara Serak. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar