Sukses

Efek Samping Suntik KB

16 Jul 2018, 12:14 WIB
Wanita, 29 tahun.

Siang dok, saya mau bertanya Saya kan kb suntik 3 bulan pasca melahirkan, dan selang 2 minggu setelahnya saya keluar darah sedikit selama 15 hari. Apakah itu tandanya saya tidak hamil?? Karena saya takut sekali hamil lagi. Dan yang saya tahu itu efek samping kb nya. Dan Apakah boleh ibu menyusui suntik kb satu bulan sekali? Karena saya ingin dapat menstruasi. Trimakasih sebelumnya

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Efek Samping Suntik KB melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.Kontrasepsi suntikan KB mengandung hormon yang berfungsi sebagai alat pencegah kehamilan dengan cara kerja mempengaruhi sistem hormon di dalam tubuh. Salah satu efek samping dari hormon tersebut adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan atau bahkan tidak haid. Setiap individu memiliki respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini.

Pada pemakaian KB suntik, siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun setelah pemakaian suntikan KB dihentikan. Selama dalam waktu 6 bulan-1 tahun maka siklus menstruasi dapat mengalami ketidakteraturan yang disebabkan karena proses pengembalian keseimbangan hormonal beberapa waktu. Pengembalian kesuburan untuk kehamilan 5-7 bulan setelah penghentian suntikan. Namun hal ini berbeda- beda pada setiap individu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Efek Samping Suntik KB. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar