Sukses

Dapatkah IUD Menembus Rahim?

16 Jul 2018, 12:09 WIB
Pria, 37 tahun.

Assalamualikum... Selamat Siang Dokter... Sudah 3minggu ini IUD saya menghilang, cek ke bidan puskesmas benang lepas dan di lihat pake alat cocor bebek katanya masih ada di rahim menempel di atas rahim, saya pun di suruh USG dan di rujuk ke RS dI USG hasilnya IUD nggak nampak, saya coba USG ke doker lain hasilnya pun masih sama, bahkan Dr yang 2 melihat kembali dengan alat coocr bebek, dan hasilnya sama IUD sudah nggak ada di rahim, yg saya takutkan IUD yg berjalan2 keluar rahim, sementara selama ini saya nggak merasakan keluahan keluhan hebat di sekitar rahim dan perut saya. Yg ingin saya tanyakan : 1. Apakah memang benar IUD bisa tembus keluar rahim? 2. Kalao memang bisa, apakah ada efek samping atau keluah yang dirasakan jika IUD tembus keluar rahim? Atas perhatian nya saya ucapkan Terimakasih.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Dapatkah IUD Menembus Rahim? melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Metode kontrasepsi IUD dapat memberikan efek samping berupa peningkatan jumlah darah menstruasi, nyeri, atau perdarahan. Efek samping yang terjadi bervariasi, dan dapat berbeda pada masing-masing individu, ada yang berat dan ada yang ringan. Pemakaian KB IUD juga memerlukan kontrol dalam waktu yang teratur yaitu 1 bulan pasca pemasangan, 3 bulan kemudian, setiap 6 bulan berikutnya dan bila terlambat haid 1 minggu.

Adapun risiko yang dapat terjadi akibat pemasangan IUD antara lain:

Gangguan menstruasi. IUD tembaga dapat meningkatkan perdarah menstruasi dan kram, atau bercak antara periode menstruasiPerforasi. Pada 1 dari 1000 wanita, IUD dapat tersangkut di dalam dinding rahim atau menembus dinding rahim. Terkait pertanyaan Ibu, menurut lokasi anatomis rahim dan jantung, belum pernah ada kasus yang mengaitkan keduanya dikarenakan lokasi anatomis rahim dan jantung yang sangat jauh, serta banyaknya lapisan dan organ yang berada di antara keduanya. Sedangkan kasus pada saluran pencernaan pernah dilaporkan namun sangat jarang terjadi.Ekspulsi. Pada 2 hingga 10 dari 100 IUD terdorong keluar dari rahim dan tersangkut di vagina pada 1 tahun pertama. Hal ini dapat terjadi pada beberapa bulan awal pemasangan, dan risiko ini terjadi bila IUD dimasukkan setelah proses persalinan atau pada wanita yang belum melahirkan.Untuk itu, perlu diketahui kapankah Anda harus menghubungi Dokter, yaitu bila timbul gejala berikut:

Bila Anda mengalami nyeri pada perut atau panggulBila Anda mengalami perdarahan dari vaginaBila Anda melihat adanya darah pada celana atau pembalut setelah 2 jam atau lebihBila Anda mengalami tanda-tanda kehamilan

 

Kondisi tubuh yang terlalu lelah tidak secara langsung mempengaruhi letak IUD. Latihan otot dasar panggul seperti melalui senam kegel dapat membantu menguatkan otot dasar panggul Anda, serta mengencangkan otot vagina dan mencegah prolaps uteri. Selain itu, Anda dapat mencoba menghindari berdiri terlalu lama untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada area intim Anda.

Apabila keluhan semakin dirasakan, kami menyarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar Anda dapat memperoleh penanganan yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Dapatkah IUD Menembus Rahim?. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar