Sukses

Ruam Kulit di Bokong

16 Jul 2018, 11:07 WIB
Pria, 29 tahun.

Dok. di bagian bokong saya ada ruam merah, kering, permukaannya kasar dan tidak ada rasa gatal sama sekali. Dia menyebar ke daerah paha. Saya mau tanya itu apa yah?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Ruam Kulit di Bokong melalui fitur Tanya Dokter.

Banyak kelainan kulit yang bisa memicu ruam kemerahan. Dari keluhan Anda, penyebabnya bisa alergi, iritasi atau infeksi. Manifestasinya ialah sebagai berikut:

Dermatitis merupakan peradangan pada kulit yang dapat disebabkan karena faktor dari luar (bahan kimia,sinar matahari, dll) maupun dari dalam (makanan). Dermatitis atopi merupakan penyebab tersering, hal ini disebabkan oleh alergi dan sering terjadi pada seseorang yang memiliki kulit kering.Dermatitis seboroik adalah bentuk peradangan kulit yang menyebabkan gatal pada daerah-daerah lipatan atau yang berkeringat banyak, seperti daerah kepala, selangkangan, atau wajah. Biasanya disebabkan oleh jamur (jenis jamur berbeda dengan tinea kruris), kekurangan vitamin, faktor genetik, dan hormonal.Infeksi jamur (tinea kruris) menimbulkan keluhan seperti gatal, merah, terasa seperti terbakar, terkadang ada luka seperti jerawat, atau luka menonjol, terjadi penebalan kulit. Pada jamur, penting untuk menjaga agar daerah gatal tidak lembab dengan membersihkan dengan bersih, mengeringkan, dan mengganti baju bila sudah berkeringat. Lalu coba untuk memakai baju yang menyerap keringat dan hindari penggunaan handuk atau baju dengan orang lain.Iritasi bahan pakaian dalam atau produk pembersih tubuh. Kulit yang mengalami iritasi biasanya terasa perih atau rasa panas terbakar serta sedikit gatal.Keluhan kulit dapat ditentukan hanya dengan pemeriksaan fisik secara langsung. Oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter kulit.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Ruam Kulit di Bokong. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar