Sukses

Menurunkan Kadar Asam Urat

16 Jul 2018, 10:32 WIB
Pria, 23 tahun.

Hallo Dokter. Saya beberapa hari lalu cek darah. Dan gula darah saya ada di angka 172mg, dan asam urat saya ada di angka 7,8mg. Sejauh ini saya tidak merasakan gejala apa2 dr gula darah dan asam urat tinggi tersebut. Untuk menurunkan angka tersebut, obat apa yg harus saya konsumsi, dan bagaimana dosisnya dok? Mohon bantuannya, karena terakhir saya cek darah di 2013 asam urat saya 6,5.

Terima kasih telah bertanya tentang Menurunkan Kadar Asam Urat melalui fitur Tanya Dokter

Terima kasih sudah bertanya seputar cara menurunkan kadar asam urat melalui fitur Tanya Dokter

Peradangan sendi akibat sendi disebut dengan Gout. Kondisi ini disebabkan oleh penumpukan kristal monosodium urat pada sendi dan jaringan.

Faktor utama penyebab penyakit asam urat adalah akibat peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh atau hiperurisemia. Kadar asam urat dipengaruhi oleh dua hal, yakni:

  • Pertama adalah laju pembuatan asam urat di dalam hati. Karena asam urat terbentuk dari pemecahan purin, kadarnya di dalam tubuh dipengaruhi oleh jumlah purin yang dibuat di dalam tubuh dan juga jumlah purin yang diserap dari makanan. Makanan yang mengandun purin contohnya sayuran hijau, daging merah, alkohol, dll. Disamping makanan, penyakit seperti kanker juga bisa mengakibatkan peningkatan asam urat
  • Faktor kedua adalah laju pembuangan asam urat melalui ginjal. Normalnya, asam urat di dalam pembuluh darah akan bergerak ke ginjal dan dibuang melalui urin. Pembuangan asam urat ditentukan oleh kesehatan ginjal itu sendiri, dan beberapa obat yang mempengaruhi kencing, seperti hidroclorotiazid (obat hipertensi)Nilai normal asam urat pada tubuh wanita adalah 2,4-6 mg/dl dan 3,4-7 mg/dl untuk pria. Namun hal ini dapat berbeda-beda tergantung nilai baku masing-masing laboratorium.

Berdasarkan kondisi di atas penanganan asam urat mencakup:

  1. membatasi makanan yang menjadi sumber asam urat
  2. Menghentikan konsumsi alkohol
  3. Mengatur penggunaan obat tertentu yang biasa digunakan
  4. Menggunakan obat penurun asam urat, seperti Allpurinol

Kami menyarankan Anda untuk berobat ke dokter umum atau dokter spesialis penyakit dalam untuk memastikan penyebab keluhan Anda, dan membantu pemilihan terapi buat obat Anda

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Menurunkan Kadar Asam Urat. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar