Sukses

Karang Gigi Menyebabkan Bau Mulut

16 Jul 2018, 10:00 WIB
Pria, 35 tahun.

maaf dok,saya mau tanya. klw menurut pengamatan saya, gigi saya tidak ada yg berlubang. hanya saja pada bagian dibawah gusi pada gigi yg selalu dipakai untuk mengunyah, ada beberapa gigi yg ngilu. dan sewaktu saya meraba pakai jari, seprtinya ada lubang disana,dan sangat ngilu apabila kena kuku. saya pernah memeriksakan ke dokter gigi. katanya itu bukanlubang,melainkan hanya karang gigi. sudah juga pernah dibersihkan,tp mungkin tidak maksimal. kemudian sampai sekarang saya sudh tidak bisa mengkonsumsi makanan atau minuman yang panas atw dingin, karena terasa ngilu. disamping itu mulut saya bau. apakah karang gigi juga bisa menyebabkan mulut bau? mengingat ada teman saya yang karang giginya banyak sekali, sampai kelihatan,tapi mulutnya tidak bau. gimaan menurut dokter. trims atas jawabannya ya dok.

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Masalah bau Mulut dapat dihilangkan dengan cara mengatasi penyebabnya, dan penyebabnya dapat berasal dari dalam rongga mulut itu sendiri atau berkaitan dengan penyakit tertentu. Dalam hal ini karang gigi yang menumpuk menyebabkan radang pada gusi. Dengan gejalanya yaitu gusi berdarah. Nah, gusi berdarah inilah yang menyebabkan bau mulut tak sedap.

Pembersihan karang gigi hanya dapat dilakukan oleh dokter gigi dengan bantuan alat secara manual atau dengan alat ultrasonic, dimana alat ini bekerja dengan getaran ultrasonik pada bagian ujungnya yang berbentuk sedikit runcing agar dapat memecah karang gigi hingga ke tempat yang sulit dijangkau, termasuk karang gigi yang ada di bawah gusi, dengan cara penggunaan yang benar dan tepat sesuai petunjuk pemakaian, alat ultrasonic ini cukup aman bagi permukaan gigi dan akar.

Mencegah terjadinya pembentukan karang gigi adalah dengan menjaga kebersihan rongga mulut dan gigi. Menyikat gigi 2 kali sehari dengan metode yang benar adalah hal yang mutlak dalam menjaga kebersihan gigi dan mencegah terbentuknya karang gigi .

Demikian informasi yang dapat diberikan, Semoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar