Sukses

Cara Menumbuhkan Rambut di Kening

15 Jul 2018, 23:57 WIB
Wanita, 20 tahun.

Halo dokter... Mau tanya, jadi saya berambut sangat tipis dari lahir dan memiliki kening lebar sekali, gimana dok caranya agar kening saya tumbuh dengan rambut dan agar rambut saya tidak tipis, apakah ada terapi ke dokter supaya melebatkan rambut dan menumbuhkan rambut di kening, mohon jawabannya dok Terimakasih...

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Rambut rontok dipengaruhi oleh banyak hal, seperti faktor keturunan atau penyakit. Rambut rontok karena faktor keturunan tidak dapat disembuhkan, namun dapat dicegah agar kerontokan yang terjadi tidak terlalu cepat. Penyakit-penyakit seperti infeksi jamur pada kulit kepala, hipotiroid hingga salah perawatan rambut juga dapat menyebabkan rambut rontok.

Perlu diketahui bahwa pertumbuhan rambut normal berlangsung selama 2-6 tahun. Masing-masing rambut tumbuh sebanyak 1 cm/bulan dalam fase ini. Sekitar 90% dari rambut di kepala tumbuh setiap saat, 10% sisanya dalam fase istirahat. Setelah 2-3 bulan, rambut yang berada dalam fase istirahat rontok dan rambut baru mulai tumbuh pada tempat yang sama. Suatu hal yang normal apabila mendapatkan rambut yang rontok setiap hari. Rata-rata kulit kepala memiliki sekitar 100.000 helai rambut, dan secara kasar 50-100 helai rambut dapat rontok setiap hari.

Pada kasus Anda, sudah berapa lama kerontokan ini dialami? Apakah Anda berganti produk perawatan rambut? Ataukah ada faktor keturunan botak di keluarga Anda?

Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kerontokan rambut:

  • Banyak makan makanan yang banyak mengandung protein dan zat besi
  • Hindari stres
  • Hindari obat-obatan yang mengganggu pertumbuhan rambut
  • Rajin olah raga untuk memperlancar peredaran darah
  • Cukup istirahat
  • Hindari rokok dan asap rokok
  • Hindari pemakaian pengering rambut dan keramas dengan air panas
  • Hindari pemakaian bahan - bahan kimia di rambut

Apabila dengan cara-cara di atas, Anda tetap masih mengalami kerontokan rambut yang parah, dapat dipertimbangkan penggunaan minoksidil.

Minoksidil bekerja dengan menstimulasi pertumbuhan rambut. Obat ini memiliki efek samping kemerahan, gatal, kering, pengelupasan dan bentuk iritasi lain pada kulit kepala bia digunakan dalam dosis tinggi.

Dari berbagai studi, Minoksidil menunjukkan manfaat pada 2 dari 3 pria. Obat ini efektif pada orang yang berusia dibawah 40 tahun atau bagi Anda yang sudah mulai kehilangan rambut. Frekuensi pemakaian adalah 2x sehari dan digunakan saat rambut Anda kering, pada tempat-tempat dimana terjadi penipisan rambut. Perubahan mulai terlihat setelah 4 bulan pemakaian.

Namun, perlu diketahui bahwa Minoksidil tidak dapat menyembuhkan kebotakan. Saat Anda berhenti menggunakan obat ini, maka rambut akan rontok kembali.

Jika Anda ingin mencobanya silakan saja, tetapi untuk hasil yang optimal sebaiknya konsultasikan terlebih dulu dengan dokter kulit.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar