Sukses

Tangan Sakit Bila Digerakkan, Gejala Kolesterol?

15 Jul 2018, 23:40 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selamat malam dok , sy mau bertnya papa saya sdh 1 bulan terakhir mengalami sakit pada tangannya tapi masih bisa bergerak , beberapa hari yg lalu tangannya semakin sakit dan sampai tdk bisa digerakkan dan juga papa sy akhirnya tdk bisa mengendarai mobil . Dan papa sy akhirnya tes kolesterol ternyata kolesterolnya tinggi 300. Bagaimana penangannya ya dok? Ada keluarga sy yg menyarannya untuk mengkonsumsi teh Tiansi , apakah itu baik dok? Terima kasih dok , sangat mengharapkan balasan dari dokter

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Keluhan tangan ayahanda yang sakit saat digerakkan sepertinya tidak berhubungan dengan kolesterol tinggi. Sejatinya, kolesterol tinggi tidak menimbulkan keluhan tertentu dan hanya bisa diketahui tinggi tidaknya dari hasil pemeriksaan darah.

Terkait dengan tangan yang sakit, persisnya di bagian mana? Apakah di bagian pergelangan tangan? Atau jari-jari tangan?

Sebenarnya sulit bagi kami untuk menegakkan diagnosis hanya berdasarkan cerita yang Anda berikan. Terlebih keluhan yang Anda berikan adalah keluhan muskuloskeletal yang memerlukan pemeriksaan langsung. Keluhan sulit digerkkan pada tangan dapat disebabkan oleh masalah pada tulang, otot atau persarafan. Apakah terdapat riwayat trauma,cmisalnya terjatuh? Sudah berapa lama keluhan berlangsung? Adakah nyeri, kesemutan,cpada area pergelangan tangan? Adalah demam?

Carpal Tunnel Syndrome (CTS) adalah penyebab tersering gangguan syaraf pada tangan yang gejala utamnya adalah kesemutan dan nyeri, terutama pada 3 jari terluar (kelingking, jari manis, jari tengah). CTS disebabkan oleh terjepitnya syaraf medianus oleh ligamen transversus carpii (ligeman otot yang berada di pergelangan tangan). Pada keadaan berat rasa nyeri bisa menjalar ke lengan atas dan kelemahan pada jari tangan (seperti tidak kuat menggenggam).

Apabila gejala tidak mereda dan semakin memburuk, kami sarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis syaraf untuk dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh.

Sedangkan tentang kolesterol selengkapnya bisa Anda baca di sini:

Untuk mendapatkan penanganan yang menyeluruh silakan konsultasi terlebih dulu ke dokter penyakit dalam dengan membawa semua hasil labnya. Sebaiknya pemeriksaan kolesterol tidak hanya kolesterol total, tetapi juga kolesterol LDL, HDL dan trigliserida. Biasanya, ayah pun akan diperiksa terkait faktor risiko lain yang berhubungan seperti ada tidaknya diabetes atau tekanan darah tinggi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar