Sukses

Penyebab Benjolan Berisi Nanah

15 Jul 2018, 20:21 WIB
Wanita, 19 tahun.

Selamat pagi dokter.. Saya memiliki benjolan seperti bisul ditengah dada, diantara payudara kiri dan kanan. Warna permukaannya merah dan dipusat benjolan seperti ada titik hitam dan kemarin mengeluarkan nanah dan darah. Benjolannya keras. Dulu tidak menimbulkan rasa sakit, tapi sekarang terasa nyeri. Apakah benjolan ini dapat berkembang dok?, langkah apa yang harus saya lakukan ?

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai benjolan berisi nanah melalui fitur tanya dokter. 

Apakah ada gejala lain yang Anda rasakan? Seperti penurunan berat badan? Apakah benjolan bertambah besar dengan cepat? Benjolan berisi nanah bisa merupakan infeksi yang terbatas pada kulit namun bisa juga merupakan kondisi yang menyertai kelainan medis lain seperti yang Anda sebutkan. Apabila terbatas pada infeksi kulit maka, infeksi pada kulit tersebut pada umumnya diakibatkan oleh bakteri (yang paling sering adalah jenis streptococcus dan staphylococcus). Umumnya bisul atau dalam bahasa kedokteran disebut dengan furunkel dicetuskan oleh kondisi kulit yang kurang terjaga kebersihannya, lembab, atau terdapat gangguan kekebalan tubuh.

Penatalaksaan tergantung kondisi benjolan nanah yang dialami. Bisul masih kecil, maka bisa digunakan salep antibiotik. Namun jika sudah besar membentuk abses maka harus diinsisi dan dikeluarkan nanahnya baru setelah itu mendapatkan antibiotik yang sesuai.

Kami menyarankan Anda untuk mengunjungi dokter terdekat agar bisa dipastikan diagnosis dari kondisi yang saat ini Anda alami supaya dapat dilakukan tatalaksana dengan segera.

Semoga informasinya dapat membantu. 

    0 Komentar

    Belum ada komentar