Sukses

Gangguan Haid Saat Memakai KB

15 Jul 2018, 19:58 WIB
Pria, 21 tahun.

Pagi dok, saya ibu Yuli sya melakukan KB suntik yg 3 bulan selama 2 kali suntik nah pertanyaan sya dok ,knpa sya haid cma 1 kali menstruasi slma 6 bulan itu ,nah karena sya merasa takut tdk mens sya ganti kb pil terus keluar ke putihan dan drah yg tdk merah bsa d Blang coklat muda itu pun cma 3 hari sya takut dok solusinya gimana dok ...!?

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai gangguan haid saat memakai KB melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. KB hormonal (termasuk suntik KB 3 bulan) memang dapat menyebabkan gangguan dari menstruasi. Biasanya pada penggunaan awal (3 bulan pertama) dapat terjadi perdarahan yang tidak teratur, beberapa efek lain seperti lapisan dari lendir rahim menjadi tipis sehingga haid sedikit, bercak atau tidak haid sama sekali, perdarahan tidak menentu pada beberapa bulan pertama.

Lama-kelamaan menstruasi bisa tidak dapat sama sekali. Hal ini sering dialami oleh wanita yang menggunakan kontrasepsi suntik KB 3 bulan. Umumnya bila menggunakan suntik KB 3 bulan maka pengembalian kesuburan dan menstruasi normal kembali setelah penghentian 5-7bulan.

Bila Anda ingin memastikannya, dapat konsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan kandungan dan dilakukan pemeriksaan USG kandungan (jika diperlukan) untuk melihat apakah terdapat gangguan pada organ kandungan.

Jika Anda merasa tidak nyaman dengan KB yang Anda gunakan sekarang, Anda dapat menggunakan metode lain seperti penggunaan kondom, atau pemasangan spiral. Spiral dapat bertahan hingga 8 tahun dan tidak berpengaruh terhadap hormon tubuh sehingga tidak akan mengganggu siklus haid. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai gangguan haid saat memakai KB. Semoga bermanfaat. 

    0 Komentar

    Belum ada komentar