Sukses

Pertumbuhan Anak Prematur

15 Jul 2018, 17:14 WIB
Wanita, 32 tahun.

Dear dokter Saya mau tanya, saya melahirkan anak pertama prematur usia kandungan 35 minggu, berat bayi 2550gr panjang 42cm. Saya punya beberapa pertanyaan. Bayi saya kuning saat dilahirkan dan sudah difototerapi selama 2 hari, kemudian dokter sudah menyuruh pulang dan dirawat dirumah, ssekarang bayi saya sudah 1 bulan tp tubuhnya masih kuning, padahal asi saya gk pernah kurang dan saya selalu jemur dipagi hari. Kemudian Saya khawatir dg tumbuh kembang bayi saya, karna saya baca setiap artikel panjang bayi normal berkisar 48 - 50 cm, apakah nantinya anak saya akan pendek ketika dewasa nanti dokter..? Bisakah anak saya tumbuh kembang dengan normal baik fisik dan otaknya, meski pun lahir prematur..? Apa yg harus saya lakukan untuk membantu perkembangannya, sekian pertanyaan saya terima kasih dokter

Terima kasih telah bertanya tentang bayi lahir prematur melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekahwatiran Anda, namun Anda tidak perlu khawatir. Kelahiran prematur merupakan salah satu penyebab tingginya resiko kesakitan dan kematian bayi baru lahir, juga berhubungan dengan gangguan pertumbuhan dan perkembangan Anak. Bayi prematur memiliki kecenderungan mengalami gangguan pertumbuhan, dan juga perkembangan. Akan tetapi ibu tidak perlu khawatir, saat ini teknologi kedokteran sudah sangat maju. Dengan perawatan tepat bayi prematur oleh tenaga medis, berbagai risiko perkembangan tersebut dapat diminimalisir.

Pastikan asupan gizi anak Anda tercukupi, pastikan berat badan dan panjang badan terukur teratur dengan kontrok ke dokter atau pusat kesehatan secara rutin. Selain itu, jangan lupa untuk membawa anak Anda kontrol rutin ke dokter spesialis Anak, untuk melihat tingkat pertumbuhan dan perkembangan anak Anda saat ini. Dan bila telah terjadi keterlambatan, seperti yang Anda khawatirkan, dokter spesialis Anak dapat memberikan solusi langkah apa yang harus Anda lakukan untuk mengejar keterlambatan tersebut.

Demikian, semoga informasi terkait perkembangan bayi lahir prematur ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar