Sukses

Perawatan Luka Paska Kecelakaan

15 Jul 2018, 16:10 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok, saya punya teman. Dan dia abis kecelakaan jatuh dri motor. Trus di samping kuku jempol nya itu ada luka yang semakin hari semakin berlubang ke dalam. Ini bukan kuku atau pinggir kuku nya yah dok. Tapi kaki nya. Mohon apa obat nya yah dok?

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai luka paska kecelakaan melalui fitur tanya dokter. 

 

Mengenai luka yang terjadi paska kecelakaan yang Anda maksud perlu dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung, apakah ada cairan nahah yang keluar dari luka? apakah disertai demam?

Perawatan luka yang baik merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan untuk mempercepat penyembuhan luka. Pertahankanlah agar luka selalu dalam keadaan bersih, dan tutuplah luka dengan kassa steril selama luka tersebut belum menutup secara sempurna (kassa diganti dua kali dalam sehari). Selama luka masih basah, bersihkan dan kompres dengan kassa lembab yang telah dibasahi cairan infus NaCl 0,9% atau air masak yang bersih minimal 2x/hari. Ketika akan mengganti kassa, jangan lupa membasahi kassa sedikit agar tidak lengket dan menimbulkan luka baru.

Selain kassa bisa digunakan juga wound dressing hydrocolloid, ini akan bisa lebih menutup luka dengan baik dan bisa dipertahankan lebih lama. Tetapi akan lebih sulit didapatkan di apotek.

Lalu, yang paling penting adalah untuk berkonsultasi dengan dokter guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan menentukan penanganan yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai perawatan luka, semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar