Sukses

Penyebab Terlambat Bicara

15 Jul 2018, 15:54 WIB
Wanita, 22 tahun.

hallo dok.. dok saya ingin bertanya, adik saya berusia 15 tahun keterlambatan bicara dan lambat respon tetapi dari fisik tidak terlihat seperti anak disabilitas karna fisik normal cantik juga terawat, saya pengen tanya kalau penyakit seperti apa namanya, dan berapa persen untuk sembuh? apakah terlambat untuk mengobati nya, karna dulu di obati tidak ke dokter syaraf keterbatasan biaya, toling dijawab ya dok? Terimakasih :)

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai terlambat bicara melalui fitur tanya dokter. 

Keterlambatan bicara merupakan keterlambatan yang paling sering ditemui saat usia perkembangan. Setidaknya 1 dari 5 anak akan mengalami keterlambatan bicara dibanding yang lainnya. Tidak jarang kita menemui anak usia 3 tahun yang belum bisa bicara dan berkomunikasi dengan orang lain. Apakah hal ini merupakan hal yang normal?

Beberapa anak akan mengalami masalah dalam perilaku sosialnya karena kesulitan menyampaikan apa yang mereka butuhkan atau inginkan. Berbicara dan pengenalan bahasa pada anak merupakan proses yang dinamis. Pembentukan bahasa memilki beberapa aspek yang harus dimiliki antara lain mengerti, memproses, baru setelah itu memproduksi suatu komunikasi.

Proses produksi suatu komunikasi juga merupakan proses yang rumit, dimulai dari perintah otak terhadap organ yang membentuk artikulasi (rongga mulut, gigi geligi, lidah, dan sebagainya) sampai dengan tahap pengiriman udara dari paru-paru untuk membentuk suara.

Keterlambatan bicara pada anak terkadang merupakan masalah yang sementara dan akan membaik dengan bantuan stimulasi yang adekuat dari keluarganya. Tahapan pengenalan bahasa dan berbicara pada anak adalah proses penting dalam pencapaian tumbuh kembang anak. Kesulitan anak dalam berkomunikasi bisa meliputi beberapa kelainan antara lain:

Gangguan artikulasi atau pengucapan seperti gagap.

Kualitas suara yang tidak normal sehingga menyulitkan berbicara (anak dengan bibir sumbing).

Kesulitan berbicara dengan susunan kalimat yang tidak benar.

Terdapat kelainan yang mendasari seperti retardasi mental, lumpuh otak, dan kelainan fungsi pendengaran.

Terdapat dua bahasa yang dipergunakan sekaligus.

Autisme.

 

Kami tidak dapat menentukan apakah penyebab dari gangguan terlambat bicara pada adik Anda karena tidak melakukan pemeriksaan fisik secara langsung, sudahkah dikonsultasikan langsung ke dokter anak sebelumnya?

Karena di usia 15 tahun jika terdapat gangguan bicara seharusnya sudah diketahui dan ditangani sejak dini sedari dulu. Saran kami segera bawa segera ke dokter anak ya untuk penanganan lebih lanjut.

Demikian, semoga bermanfaat. 

    0 Komentar

    Belum ada komentar