Sukses

Karang Gigi Muncul Kembali Setelah Dibersihkan
14 Jul 2018, 10:27 WIB
Wanita, 19 tahun.

Saya mau bertanya dok, kemarin sabtu saya ke dokter buat ngebersihin karang gigi, setelah itu saya berhati hati banget soal makanan dan cara gosok gigi, tapi sudah 2 hari ini karang giginya bagian depan muncul lagi, apakah karena penurunan gusi akibat dari bersihin karang kemarin atau gimana dok?

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Karang gigi terbentuk karena plak gigi yang tidak dibersihkan atau tertinggal di gigi. Dengan menjaga kebersihan gigi dan rongga mulut secara baik dan benar maka karang gigi tidak akan terbentuk. Sebaiknya Anda lebih cermat lagi dalam menjaga kebersihan gigi Anda. Kemungkinan cara menggosok gigi yang kurang benar. Obat kumur juga baik untuk menghilangkan plak yang menjadi cikal bakal karang gigi, namun apabila dalam pemakaiannya menimbulkan keluhan tertentu pada Anda maka sebaiknya dihentikan pemakaiannya.

Sikatlah gigi minimal 2 kali sehari pada pagi hari setelah sarapan dan malam sebelum tidur dengan menggunakan sikat gigi yang berbulu lembut serta ujung kepala yang mengecil. Perhatikan gerakan dalam menyikatnya yaitu sikatlah dari arah gusi ke gigi dan dilanjutkan dengan permukaan lainnya seperti permukaan kunyah, lakukan penyikatan tersebut secara berulang-ulang dan dengan pelan-pelan. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Terdapat beberapa keadaan setelah dilakukannya pembersihan karang gigi seperti gusi yang turun kearah akar gigi, gigi goyang, gigi renggang dan timbul rasa ngilu. Kondisi- kondisi tersebut muncul bukan merupakan dampak dari aplikasi alat pembersih karang gigi melainkan disebabkan oleh karena terbukanya akar gigi  yang sebelumnya tertutup oleh karang gigi, dimana karang gigi ini telah menyebabkan kerusakan pada gusi dan tulang pendukung gigi. Kerusakan pada gusi atau jaringan pendukung gigi tersebut tentu saja dapat diperbaiki oleh dokter gigi, dimana perawatan yang perlu dilakukan bergantung dari tingkat kerusakan yang telah terjadi. Hal yang dapat Anda lakukan setelah membersihkan karan gigi adalah dengan menjaga kebersihan rongga mulut dan gigi guna mencegah terjadinya pembentukan kembali karang gigi.

Demikian informasi yang dapat diberikan, Semoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar