Sukses

Hasil Pemeriksaan Sperma
13 Jul 2018, 23:14 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok, saya mau bertanya hasil analis sperma suami saya kmrn di lab. -puasa seks 7 hari -volume 4.2 hasil rujukan >=2 -bau khas hasil rujukan khas -warna putih jernih hasil rujukan putih keabuan abuan -pH 8.3 hasil rujukan 7.2-7.8 -liqueaksi 20 hasil rujukan =39 Motilitas progressive 0 Non progressive 0 Immotile 0 -aglutinasi 0 -leukisit 0 -immature Germain Cell 0 -viabilitas - -morfologi normal 0 Abnormal 0 Kesimpulan spermatologi pemeriksaan motilitas dan morfologi TDK dpt dkrjkn krna jmlh spermatozoa sangat sedikit. Mohon pencerahannya dong Terima kasih

dr. Alvin Nursalim

Dijawab Oleh:

dr. Alvin Nursalim

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Bagaimana persiapan pemeriksaan sperma suami Anda? Dari data tersebut jumlah sperma yang ada sedikit, namun tentunya kami menyarankan Anda berkonsultasi langsung dengan dokter karena data ini perlu ditunjang dengan pemeriksaan secara langsung. Azoospermia adalah keadaan tidak ditemukannya sperma dalam cairan ejakulat (semen) yang keluar saat seorang pria ejakulasi. Sperma adalah sel yang diperlukan untuk membuahi sel telur pada proses fertilisasi. Kondisi ini dapat terjadi akibat sumbatan saluran sperma, atau akibat penurunan produksi sperma dalam buah zakar. Untuk mengetahuinya, perlu dilakukan serangkaian pemeriksaan meliputi pemeriksaan fisik langsung, pemeriksaan sperma, dan pemeriksaan hormon. 

Apabila kondisi yang terjadi adalah tidak adanya sperma yang dibutuhkan untuk membuahi sel telur, tentunya seseorang kehilangan kemampuan untuk membuahi dan menyebabkan kehamilan serta tidak dapat diterapi dengan cara apapun. Namun azoospermia  yang terjadi akibat sumbatan saluran sperma masih dapat diperbaiki dengan jalan operasi. Meskipun operasi yang dilakukan juga tidak dapat menjamin pengembalian atau peningkatan kesuburan penderitanya.

Pemeriksaan analisis sperma yang ideal biasanya dilakukan saat berpuasa hubungan seksual selama 2-5 hari, dan tidak melewati 1-2 minggu. Hal ini bertujuan untuk mendapat kualitas dan kuantitas terbaik dari sperma.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar