Sukses

Penyebab Keputihan
13 Jul 2018, 23:06 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok,saya mau nanya saya kemarin waktu masih sekolah SMA saya mengalami haid yg melebihi dari 15 hari itu sebanyak 3 kli klo tidak salah,setelah haid yg berlebihan itu saya langsung keputihan terus gak bsa berhanti,keputihan itu kemarin sempat berwarna hijua gatal dan berbau tpi setelah di bwa periksa dan di beri obat sembeh sebentar ,tpi setelah itu keputihannya kembali berwarna ijau kental dan berbau cmn tdak gatal,sya bwa periksa lgi kedua kalinya sdh gak berwarna lgi,sdh jdi berwara kuning kadang kental kdang berwarna bening kental juga dan selalu berbau sampai sekarang jdi saya merasa terganggu dengan penyakit ini krna saat beraktifitas saya hrus selalu menghunakan paintilener biar gak merambat kemna" soalnya klo saya gak pakai itu saya seperti pipis di celana saking banyaknya yg keluar dan kadang yg keluar otu berupa air biasa cmn nanti keluar lagi yg kental berwarna kuning atau putih bening cmn sedikit kental dan sma berbau juga,dan sedangkan saya tidak pernah bersentuhan dengan laki" dan banyak yg mengatakan ketika sya periksa mereka bilang gra" hubungan badan tpi saya gak pernah bersentehun dengan laki" jdi bagai mna menurut dokter apakan ini tanda" yg tidak baik ??? Bagai mana cara saya menyembuhkan keputiham saya agar tidak berbau lagi dan kembali seperti kepitihan normal seperti biasa saja

dr. Alvin Nursalim

Dijawab Oleh:

dr. Alvin Nursalim

Terima kasih telah bertanya tentang penyebab keputihan menggunakan layanan Tanya Dokter

Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri.

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.

Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit.

Bagaimana dengan keputihan Anda?

Jika keputihan Anda termasuk keputihan abnormal maka perlu diobati karena dapat menyebabkan penyebaran infeksi ke organ dalam dan sebaiknya menghindari hubungan seksual terlebih dahulu. Jika keputihan yang Anda alami adalah keputihan yang normal, maka yang perlu Anda lakukan adalah menjaga kebersihan daerah vagina, yaitu:Sering mengganti celana dalam apabila berkeringat atau lembabMenghindari penggunaan celana ketat yang terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringatApabila ingin menggunakan panty liner pilihlah yang tidak mengandung pengharum dan tidak digunakan selama lebih dari 4-6 jamMenghindari penggunaan produk pembersih kemaluan yang dapat menyebabkan perubahan keasaman dan keseimbangan bakteri dalam liang kemaluan ibuBila hendak membilas setelah buang air kecil, lakukanlah dengan arah dari depan ke belakang menggunakan handuk.Perlu diketahui bahwa keputihan dapat saja merupakan infeksi menular seksual. Bila disebabkan oleh infeksi menular seksual, maka baik Anda maupun pasangan (suami) perlu diobati juga agar pengobatan tuntas. Anda dapat ke dokter spesialis kandungan ataupun dokter spesialis kulit dan kelamin. Bila perlu, dilakukan pemeriksaan mikroskopik dari cairan keputihan agar kuman penyebab diketahui secara pasti.

Berikut, kami sertakan artikel yang dapat Anda akses untuk menambah informasi:

Keputihan

Jangan Remehkan Keputihan

Hati-Hati Dengan Keputihan

Penyebab Keputihan Abnormal

Keputihan yang disebabkan oleh infeksi memerlukan pengobatan dengan antijamur / antibiotik / antiparasit sesuai dengan kuman penyebabnya.pengobatan yang tidak tepat guna ataupun tidak tepat dosis alih-alih mengobati justru dapat menimbulkan kekebalan kuman penyebabnya.Oleh karena Sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan atau dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mengetahuipenyebab dari keputihan anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar