Sukses

Belum Haid Setelah Setelah Berhubungan
13 Jul 2018, 22:00 WIB
Wanita, 21 tahun.

Selamat pagi dok, langsung saja ya dok ke pertanyaan saya, kbetulan saya kan sudah menikah dok, nah kmaren kan saya berhubungan sama suami ,tapi saya lupa gak minum pil kbnya (microgynon) ,setelah selesai berhubungab saya baru inget dan saya langsung minum, saya minum yg di lingkaran biru, biasanya kalau saya minum yg lingkaran biru saya langsung haid tapi ini ko saya belum haid yah dok? Apa ada kemungkinan saya hamil? terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi di www.klikdokter.com.

Penyebab tidak haid ada banyak sekali, selain karena adanya kehamilan. Pertama izinkan kami menjelaskan tentang gangguan siklus haid. Siklus haid memang dapat maju atau mundur, tidak selalu tepat waktu. Siklus menstruasi normalnya berkisar tiap 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Adapun gangguan siklus menstruasi umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

  • Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
  • Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  • Kegemukan
  • Malnutrisi (kurang gizi)
  • Stres psikologis
  • Atlet
  • Kekurangan vitamin K
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Kelainan pembekuan darah
  • Gangguan hormon tiroid
  • Dan lain sebagainya

Selain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ kandungan yang biasanya diketahui melalui pemeriksaan dokter dan USG.

Kami tidak mendapat informasi bagaimana siklus haid/menstruasi Anda belakangan. Apakah sudah lebih dari 35 hari Anda tidak mengalami menstruasi? Bila belum sampai 35 hari, secara umum belum tentu dapat disebut Anda mengalami terlambat haid. Tetapi bila sudah lebih dari 35 hari Anda belum haid,  maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan test pack dahulu.

Microgynon merupakan kontrasepsi oral kombinasi (pil) yang mengandung  dua bentuk sintetik hormon seks yang ada pada perempuan, yaitu estrogen dan preparat progestin yang mencegah kehamilan dengan cara menghambat terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur oleh indung telur) melalui penekanan hormon LH dan FSH, mempertebal lendir mukosa servikal (leher rahim), dan menghalangi pertumbuhan lapisan endometrium.

Pil kombinasi ini bekerja dengan mengatur sikulus menstruasi. Dengan mengkonsumsi pil ini, siklus menjadi lebih teratur, nyeri menstruasi berkurang, dan darah yang dikeluarkan juga lebih sedikit. Karena itu, selain penggunaannya untuk kontrasepsi, pil ini juga dimanfaatkan untuk untuk mengatasi masalah menstruasi yang tidak teratur. Pil in juga dapat menimbulkan beberapa efek samping lain seperti perdarahan sedikit-sedikit, payudara melunak, nyeri atay sekresi cairan pada payudara, nyeri kepala, perubahan libido, depresi, mual, muntah, perubahan sekresi cairan vagina, gangguan kulit, perubahan berat badan dan reaksi hipersensitivitas.

Pada bulan-bulan pertama mengkonsumsi pil ini jumlah darah yang keluar bisa sedikit seperti yang terjadi pada Anda. Bahkan bisa tidak terdapat perdarahan sama sekali. Hal ini masih normal karena penyesuaian yang dilakukan oleh tubuh. Namun, bila tidak ada darah menstruasi yang keluar sama sekali selama 2 siklus berturut-turut, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat

0 Komentar

Belum ada komentar