Sukses

Benjolan Leher yang Sakit
13 Jul 2018, 19:55 WIB
Pria, 27 tahun.

Maaf Dok, Sudah Seminggu saya merasakan adanya pembengkakan di leher sebelah kiri. Bengkaknya tidak besar, cenderung tidak terlihat jika dalam kondisi biasa. Apabila ditekan halus, akan terasa sakit. Di awal kemunculannya, disertai juga dengan demam dan sariawan yang muncul di banyak titik dalam mulut dan rongga kerongkongan saya. Saat ini sariawan sudah mulai pulih, namun hal lain yang timbul adalah saya merasa kering di bibir dan merasakan adanya penurunan dalam mengecap rasa, terutama untuk makanan yang menggunakan garam, rasanya jadi aneh. Untuk makanan dan minuman manis terasa biasa saja, tidak ada perubahan. Kemudian sebagai informasi tambahan, sebelumnya saya mengalami gatal di salah satu bagian tubuh yang kemudian terjadi infeksi hingga menjadi luka basah. Setelah sembuh, barulah muncul rasa sakit di leher. adakah ini pembengkakan biasa yang terjadi pada kelenjar getah bening, dan adakah kaitannya antara infeksi kulit yang saya alami sebelumnya dengan pembengkakan yang baru-baru ini saya rasakan?

dr. Alvin Nursalim

Dijawab Oleh:

dr. Alvin Nursalim

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Namun banyak kemungkinan yang dapat menyebabkan benjolan pada leher. Jadi sulit bagi kami menjelaskan penyebab pasti keluhan yang Anda rasakan dan penanganannya, jika benjolan di leher tersebut belum dipastikan penyebabnya. Apakah Anda ada gejala seperti mudah berkeringat, dan penurunan berat badan? Apakah benjolan muncul bila Anda sedang sakit batuk, nyeri menelan?

Benjolan leher dapat disebabkan oleh berbagai sebab:

Pembesaran kelenjar tiroid (gondok): hipertiroidisme, hipotiroidisme, tumor kelenjar tiroid

Pembesaran kelenjar getah bening: tumor kelenjar getah bening, TBC kelenjar, penyebaran kanker dari tempat lain, infeksi bakteri

Pembesaran kelenjar air liur: parotitis, tumor parotis 

Bisul (abses), biasanya disertai dengan keluhan nyeri, warna kemerahan

Sebab lain (jarang).Oleh karena itu kami sarankan anda konsultasi ke Dokter Spesialis Bedah Kepala - Leher atau Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorokkan, karena status benjolan tersebut berbahaya atau tidak hanya dapat dipastikan melalui pemeriksaan fisik. Kami sarankan pula untuk tidak mengkonsumsi segala macam obat tanpa petunjuk dan pengawasan Dokter untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar