Sukses

Keguguran Dan Tidak Kuret
13 Jul 2018, 19:50 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok saya mau tanya saya ini abis keguguran baru 3 hari apakah saya boleh minum susu Prenagen esensis dok.dan saya ini takut kuret jadi saya secara alami saja. Dan sekarang saya masih nifas. Apa kah perlu di USG kan biar tau bersih atau belom kondisi rahim nya. Terima kasih

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda

Kuret merupakan tindakan medis yang bertujuan untuk mengambil dan membersihkan sisa perdarahan atau jaringan yang masih ada dan menempel pada dinding rahim. Jika lewat pemeriksaan sudah tidak ada sisa jaringan atau perdarahan di dalam rahim maka tidak diperlukan kuret.

Untuk memastikan apakah sisa jaringan di dalam rahim sudah bersih adalah dengan melakukan pemeriksaan fisik kembali dan pemeriksaan penunjang seperti USG Abdomen atau USG Transvaginal. Jika memang masih ada sisa jaringan, dokter akan memutuskan apakah diperlukan tindakan kuretase atau digunakan obat-obatan. Apabila memang tidak ada sisa jaringan setelah diperiksa oleh dokter, maka tidak masalah jika tidak dilakukan kuretase dan menggunakan obat. Jika tidak terdapat gangguan pada rahim, maka Anda tidak perlu khawatir karena seorang wanita dengan organ reproduksi yang sehat yang memiliki riwayat keguguran dapat kembali hamil.

Pada dasarnya tidak ada larangan untuk mengonsumsi susu tersebut walaupun setelah mengalami keguguran. Susu untuk ibu hamil mengandung nutrisi yang tinggi dan berguna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama mengandung. Jadi bila anda tidak memiliki alergi terhadap susu maka anda dapat mengonsumsi susu tersebut.

Untuk memastikan kondisi organ reproduksi Anda, kami sarankan berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat

1 Komentar