Sukses

Kulit Mudah Tergores dan Bengkak
13 Jul 2018, 18:23 WIB
Pria, 18 tahun.

dok, saya mau tanya. kulit saya mudah sekali terluka. kegores dikit pasti luka. kalo yang paling sering itu bengkak. kalo ada yang gatal, digaruk mudah merah dan bengkak. padahal garuk nya pelan. tapi nggak lama hilang juga dengan sendirinya. apakah ada kelainan atau memang seperti itu? wajah saya juga tidak cocok dengan masker yang dikupas. kalau ibu saya bilang kulit saya memang sensitif. tapi bisa dijelaskan lebih rinci?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran anda. Kulit yang mudah tergores bahkan oleh benda yang tumpul biasanya diakibatkan oleh kondisi kulit yang terlalu kering. Kondisi Anda dapat juga disebut sebagai Dermographia. Dermatographia adalah  kondisi di mana menggaruk kulit dapat menyebabkan kulit mengelupas dan garis merah karena tergores.

Terkait dengan kondisi kulit kering yang Anda alami, anjuran saya adalah:

•   Sewaktu mandi, hindari air yang terlalu panasAir dengan suhu yang terlalu panas akan mengikis minyak pada kulit lebih cepat dibandingkan dengan air dengan temperatur ruangan.

•   Hindari mandi atau berendam terlalu lamaMandi dan berendam terlalu lama akan membuat kulit menjadi kering. Batasi waktu mandi Anda 5 - 10 menit saja.

•   Gunakan pelembab sesudah mandiKulit yang lembab akan mengunci pelembab lebih lama dan lebih baik dibandingkan dengan kulit yang kering.

•   Gunakan pakaian yang terbuat dari katun maupun serat alami lainnya.Pakaian dengan bahan wol ataupun serat sintetis akan mengiritasi kulit.

•   Banyak minum air putihDengan meminum air putih, maka Anda akan terhindar dari dehidrasi dan kulit yang kering. Perbanyak konumsi air putih terutama jika Anda berada pada ruangan yang berpendingin.

•   Konsumsi makanan yang mengandung omega 3Asam lemak yang esensial akan membantu membentengi minyak alami kulit. Makanan - makanan yang mengandung omega 3: salmon, sarden, biji - bijian, walnut, minyak bunga matahari.

•   Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

Kulit sensitif adalah kulit yang tipis, mudah iritasi dan kadang kala berwarna kemerahan. Biasanya ditandai dengan mudah memerah atau meradang, sangat mudah berjerawat dan sering terasa gatal atau memerah jika terkena kosmetik atau perawatan kulit. Untuk melindungi kulit sensitif, pastikan Anda selalu mengoleskan pelembap setiap kali selesai mandi. Selain itu, kenali apa saja yang menimbulkan reaksi alergi di kulit dan sedapat mungkin menghindarinya.

Selain itu Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kulit dan kelamin terkait problema yang Anda hadapi.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar