Sukses

Cara Menghilangkan Keloid
13 Jul 2018, 17:14 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dok 4 tahun lalu saya menjalani operasi appendix atau usus buntu, namun bekas operasi saya sangat membekas atau sering disebut keloid dan juga kalau saya kelelahan maka bekas operasi saya yg bagian dalam akan terasa sangat sakit, bagaimana ya dok?? Terimakasih sebelumnya

Terimakasih telah bertanya tentang Cara Menghilangkan Keloid melalui fitur Tanya Dokter.

Keloid merupakan suatu jaringan parut yang terbentuk pada proses penyembuhan luka sebagaia hasil dari pertumbuhan yang berlebihan dari bekas kulit yang terluka, yang melebihi batas luka itu sendiri. Terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi terbentuknya bekas luka pada seseorang, antara lain kedalaman luka, ukuran luka, lokasi luka dan faktor genetik (keturunan). Jika dalam keluarga Anda terdapat kecenderungan terbentuk keloid pada bekas luka, maka kemungkinan besar bekas luka Anda juga akan membentuk keloid.

Keloid memiliki konsistensi kenyal, mengkilat, dan dapat bervariasi dalam warna seperti merah jambu, merah daging, dan coklat gelap. Keloid tidak ganas, tidak menular, dan biasanya terdapat gejala gatal, nyeri tajam, dan perubahan bentuk. Pada kasus yang parah, dapat menghambat pergerakan dari kulit. Mengingat angka kekambuhan kasus ini cukup tinggi, beberapa tata laksana keloid adalah sebagai berikut :

Eksisi bedah pada jaringan yang terkena

Suntikan steroid intralesi

Terapi laser

Salep kortikosteroid

Perlu diketahui bahwa rangkaian terapi di atas tidak menjamin bahwa jaringan dapat kembali normal 100%. Kini, para ahli sedang meneliti penggunaan terapi radiasi untuk kelainan kulit ini. Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Bedah Plastik/spesialis kulit untuk dilakukan pemeriksaan langsung, dan mendapatkan tata laksana yang sesuai dengan kondisi terkini Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Cara Menghilangkan Keloid.

Semoga bermanfaat untuk Anda.

    0 Komentar

    Belum ada komentar