Sukses

Mengatasi Bekas Cacar

12 Jul 2018, 15:11 WIB
Wanita, 18 tahun.

dok saya punya bekas cacar boxcar scar di wajah. apakah saya bisa obati bekas cacar itu pake krim yang mengandug retinoic acid 1% ? amanakah ?. terimakasih.

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai bekas cacar melalui fitur tanya Dokter. 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Penanganan bekas cacar tergantung dari kedalam lesi kulit yang ditimbulkan, apalah kondisi berat seperti berbentuk scar hipertropik (jaringan parut), scar hipotrofik (bopeng) atau kondisi ringan seperti hiperpigmentasi (noda kehitaman) saja. Perlu diketahui bahwa pada keadaan ringan, bekas kehitaman dapat memudar hanya dengan pemberian hidrokuinon 2% (termasuk dalam dosis aman) hanya tepat pada daerah bekas kehitaman atau menggunakan scrub, sebuah produk yang memiliki fungsi untuk mempercepat proses regenerasi kulit dan meluruhkan sel mati penyebab kulit kering dan atau kusam. Scrub digolongkan menjadi 2 bagian besar, mengandung butiran dan tidak mengandung butiran. Mengingat proses alami pergantian kulit terjadi selama 14-21 hari, kami sarankan Anda untuk tidak menggunakan produk ini lebih dari satu kali setiap 2 minggu agar lapisan pelindung kulit tidak terkikis.

Terapi laser pun terbukti efektif dalam mengatasi beberapa kelainan pigmen dan scar di kulit, kendati angka keberhasilan setiap individu sangat bervariasi. 

Obat yang Anda tanyakan hanya dapat menyamarkan bekas kehitaman saja. Untuk mendapatkan penanganan yang optimal, saran kami lakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapatkan penanganan lebih optimal.

Demikian, semoga bermanfaat.  

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar