Sukses

Cara Mengatasi Sakit Maag
12 Jul 2018, 16:46 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok, saya punya penyakit maag yang sudah parah.. Saat ini saya masih minum obat2an dari dokter. Kemudian ada teman saya menawarkan obat herbal bawang tiwai.. Apa saya boleh mengkonsumsi nya dok?

Terima kasih telah bertanya seputar sakit maag menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Penyakit maag/dispesia merupakan penyakit pada saluran cerna yang sering terjadi di masyarakat. Pada kasus Anda, apakah Anda telah mengubah pola makan (makan lebih sering dalam porsi kecil dan teratur, menghindari makanan pedas, asam, alkohol, kopi, soda, dan makanan yang dapat merangsang pengeluaran gas seperti kol, menghindari obat-obatan yang menimbulkan luka pada lambung seperti aspirin) dan meminum obat secara teratur? Selain itu, stres psikis juga harus dihindari karena dapat memicu pengeluaran asam lambung yang berlebihan.

Maag itu sebenarnya dapat disebabkan oleh banyak hal seperti infeksi kuman H.Pylori, stres, sering telat makan dsb. Nah penyebab-penyebab itu dapat menyebabkan ulkus (luka pada lambung) yang dapat menyebabkan gangguan pada dinding lambung yang lama.

Untuk mengatasi maag yang Anda dapat lakukan adalah :

1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)

2. Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh.

3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari

4. Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja)

5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog)

6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu.

Konsumsi obat sakit maag asalkan sesuai dengan indikasi, dosis dan cara pemakaian yang tepat serta dalam pengawasan dokter umumnya jarang menimbulkan efek samping. Kami sarankan sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter/dokter spesialis penyakit dalam khususnya konsultan gastroenterologi (saluran cerna) untuk mendapatkan tatalaksana yang optimal. Diharapkan dengan melakukan hal tersebut sakit maag yang Anda alami dapat diobati dan Anda dapat menjalani aktivitas tanpa gangguan lagi.

Demikian informasi seputar sakit maag yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

Salam,

1 Komentar

  • Ade Nia

    Dok ibu saya sering ngerasain kaki ny dingin,tapi kalo di pegang panas klo periksa k dokter bilang ny magh tpi udh minum obat mag,blom kunjung sembung