Sukses

Menghilangkan Tahi Lalat Hidup di Wajah
12 Jul 2018, 16:37 WIB
Wanita, 18 tahun.

Halo dok, saya mau nanya. Sebelumnya saya mau menjelaskan dulu keluhan saya. Saya punya tahi lalat hidup di kelopak mata yg ukurannya tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Suatu hari, saya disarankan oleh kenalan saya cara untuk menghilangkan tahilalat memakai kapur sirih yg dicampur sabun colek. Katanya, 3 harian tahi lalat saya akan lepas. Tapi sudah hampir 2 minggu memakai itu, tahi lalat saya tak kunjung lepas dok. Yg ada tahi lalat saya malah mengering dan seolah melebar lebih besar dari tahi lalat asli saya. Mohon penjelasannya dok apakah yg saya lakukan ini akan menimbulkan masalah masalah lain atau bagaimana? Kebetulan tahi lalat saya yg sudah kering ini sempat saya coba lepas, tapi susah dok. Apakah dokter bisa menyarankan obat apa yg bisa saya gunakan agar tahi lalat ini terlepas? Atau obat yg bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka yg diakibatkan tahi lalat ini? Terimakasih sebelumnya dok, mohon jawabannya:)

Terima kasih telah bertanya seputar tahi lalat hidup di wajah menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami memahami kondisi Anda.Tahi lalat atau disebut juga nevi atau moles merupakan pertumbuhan pada kulit yang biasanya berwarna coklat atau hitam. Tahi lalat dapat muncul di bagian kulit manapun, baik tunggal maupun berkelmpok. Sebagian besar muncul pada masa kanak-kanak dan dalam 30 tahun pertama kehidupan seseorang. Pada saat dewasa, memiliki 10-40 tahi lalat dianggap normal.

Seiring berjalannya waktu, tahi lalat dapat mengalami perubahan, menjadi lebih tebal atau berubah warna. Seringkali juga, tumbuh rambut di atas tahi lalat tersebut. Sebagian lainnya tidak berubah sama sekali, dan ada juga yang perlahan-lahan hilang sendiri.

Berikut adalah karakteristik tahi lalat:

  • Tekstur dan warna. Tahi lalat dapat berwarna coklat, coklat kehitaman, hitam, merah, biru atau merah muda. Permukaannya bisa licin, berkerut, rata dengan kulit atau menimbul. Bisa tumbuh rambut di atasnya.
  • Bentuk bisa oval hingga bulat.
  • Ukuran tahi lalat biasanya kurang dari 6 mm (diameter). Namun, tahi lalat yang muncul sejak lahir bisa lebih besar hingga menutupi sebagian wajah misalnya ('tompel').Sebagian besar tahi lalat tidak membahayakan.

Namun ada sebagian yang bisa menyebabkan kanker ganas pada kulit, yaitu melanoma, terutama bila terdapat tanda-tanda berikut:

  1. Ulserasi (luka) dan perdarahan spontan
  2. Membesar dan warna lebih gelap
  3. Pigmen menyebar dari ke kulit sekitarnya
  4. Disekitarnya ada lesi-lesi yang lebih kecil mengelilinginya
  5. Inflamasi tanpa didahului trauma
  6. Nyeri dan gatal

Tahi lalat ini dapat berkembang dikarenakan iritasi kronik yang salah satunya disebabkan karena pajanan sinar matahari. Karena itu, hindarilah paparan sinar matahari langsung dan gunakan krim/losion tabir surya ketika keluar rumah.

Kelainan kulit bawaan ini dapat dihilangkan dengan operasi atau beberapa episode terapi laser, tergantung dari jenis tahi lalat yang Anda miliki. Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat.

Demikian informasi seputar tahi lalat hidup di wajah yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar