Sukses

Penyebab Sering Pusing

12 Jul 2018, 13:32 WIB
Pria, 38 tahun.

Dok, saya sdh 3 tahun ini mengalami kepala kliyengan/berayun seperti d atas perahu kayak orang mabuk dan mata minus saya cepat sekali bertambah. baru 3 bulan ganti kacamata, mata sdh berubah dan minus bertambah. apa karena faktor kepala saya yg suka kliyengan ya dok atau faktor lain...? saya sdh berobat ke spesialis saraf, mata dan penyakit dalam tp hasilnya nihil. selama 3 tahun ini sy minum obat tanpa henti dari dokter spesialis saraf, kliyengan jadi gak seberapa tp tetep aja kliyengan. Mohon solusinya dok. Terima kasih

Terimakasih telah bertanya tentang Sering Pusing melalui fitur Tanya Dokter.

Sakit kepala merupakan keluhan saraf yang paling sering muncul. Sakit kepala bisa merupakan gejala klinis tersendiri namun sakit kepala dapat juga merupakan bagian dari kondisi medis lain. Sakit kepala yang merupakan gejala klinis tersendiri tanpa kondisi klinis lain yang mendasari seperti infeksi, peradangan, dan sebagainya dikenal dengan sakit kepala primer.

Sakit kepala primer terdapat beberapa jenis, yaitu migrain, tension type headache, dan cluster headache. Apabila pada sakit kepala primer tidak ada kondisi medis yang menyertai, lalu apa penyebab terjadinya sakit kepala tipe ini?

Beberapa hal yang dipercaya memiliki peran dalam timbulnya sakit kepala primer,yaitu :

Stres psikologis

Kondisi emosional

Suara tertentu

Bau-bauan tertentu (parfum, bensin, zat kimia lain)

Kelelahan

Musim tertentu

Makanan (alkohol, keju, dan coklat)

Ketegangan mata (kelainan refraksi mata)

Kurang tidur

Perubahan hormon (menstruasi, menopause, ovulasi)

Terlambat makan

Menangis

Obat tertentu

Kekurangan cairan (dehidrasi)

Trauma kepala

Rokok

 

 

Untuk mengurangi gejala tersebut, Anda dapat mencoba beberapa tips berikut.

Rutin berolahraga

Yokoyama, dkk mengatakan rutin berolahraga setidaknya 2 hari/minggu akan menurunkan resiko sakit kepala pada pria dan wanita

Tidur

Ternyata tidur merupakan cara yang efektif untuk mengurangi sakit kepala. Pada penelitian Shimmery menyatakan bahwa obat golongan NSAID dapat menghilangkan sakit kepala pada 45,%% pasien.

Obat golongan NSAID (Non steroid Anti Inflammatory Drug)

Pada penelitian Shimmery menyatakan bahwa obat golongan NSAID dapat menghilangkan sakit kepala pada 50% pasien. Obat golongan ini antara lain ibuprofen, asetilsalisilat, dan natrium diklofenak.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat.

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar