Sukses

Penyebab Bengkak di Badan

12 Jul 2018, 12:42 WIB
Pria, 44 tahun.

saya pria 44 th. beberapa hari lalu saya menderita adema (bengkak di tubuh) SAYA TAHU DARI ARTIKEL KESEHATAN YANG SAYA BACA. saya rasa saya mengalami gangguan ginjal, saya tidak tahu pasti apakah parah atau tidak tetapi wajah bagian pinggang dan kaki saya membengkak sehingga saya sulit untuk berjalan ( dalam hal ini saya juga menderita polio sejak umur 1 th,) dalam kondisi saya apakah sudah termsuk dalam kondisi yang parah ? seandainya terlanjur parah, berapa % kah kemungkinan saya bertahan tanpa cuci darah, dan berapa % kalau saya cuci darah. terima kasih atas kesempatannya.

Terima kasih karena Anda telah menanyakan tentang badan bengkak melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran anda. Bengkak atau dalam istilah kedokteran disebut dengan udema dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Gangguan bengkak di tubuh tidak langsung mengarah kepada gangguan organ di ginjal. Beberapa faktor yang sering menyebabkan bengkak pada hampir semua bagian tubuh adalah kelainan jantung, ginjal, hati, atau malnutrisi.

Sementara itu, bengkak yang hanya bersifat lokal (pada daerah tertentu saja) biasanya disebebkan oleh peradangan lokal pada daerah tersebut.

Untuk membedakan apa penyebab pembengkakan, dibutuhkan wawancara yang lebih dalam, pemeriksaan fisik, serta pemeriksaan penunjang seperti laboratorim maupun pemeriksaan radiologi. Oleh karena itu dianjurkan untuk berobat langsung kepada dokter spesialis penyakit dalam. Dokter akan mewawancara lebih dalam untuk mencari ciri-ciri khas penyakit jantung, ginjal, maupun hati.

Dokter juga akan melakukan pemeriksaan fisik untuk melihat tanda vital (tekanan darah, nadi, pernapasan, suhu), berat badan anda, serta pemeriksaan fisik menyeluruh. Jika diperlukan dokter juga akan melakukan pemeriksaan laboratorium untuk melihat fungsi hati, ginjal, kandungan protein dalam darah, pemeriksaan urin. pemeriksaan rontgent dada untuk melihat apakah ada pembengkakan jantung, pemeriksaan EKG untuk melihat apakah ada kelainanan jantung, dan pemeriksaan lainnya yang dibutuhkan.

Jika penyebab bengkak sudah ditemukan, barulah dokter akan memberikan penanganan yang sesuai. Penananan awal yang dapat diberikan adalah penanganan dengan obat-obatan untuk mengeluarkan kelebihan cairan dalam tubuh yang menyebabkan bengkak pada tubuh anda. Ingat, jangan menunda-nunda untuk segera berobat ke dokter agar dokter dapat segera melakukan tindakan penanganan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai badan bengkak. Semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar