Sukses

Alergi Karena Anting
12 Jul 2018, 10:43 WIB
Pria, 20 tahun.

Dok, saya baru saja tindik 2 minggu yang lalu. Awalnya baik-baik aja. Tapi 3 hari terakhir ini, kulit disekitar tindikan saya terasa gatal lalu mucul kerak seperti kulit terkelupas dan sedikit berair. Sudah beberapa kali terjadi. Saya tindik, gatal, berair, dan kulit saya seperti bernanah sedikit. Lalu saya lepas , tunggu sembuh lalu tindik lagi. Tapi tetap saja seperti itu. Katanya bahan nikel bisa buat alergi ya dok? Yang saya ingin tanyakan, apa obat yang bisa nyembuhin alergi seperti ini? Apa saya harus melepas tindiknya soalnya saya tetap ingin memakai anting.? trus aman ga kalau saya baru 2 minggu tindik dan saya ganti anting plastik biar ga alergi lagi? Terima kasih dok :)

Terima kasih telah bertanya  mengenai alergi karena anting melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Gatal dan warna kulit telinga memerah dapat terjadi akibat penyakit alergi, atau oleh infeksi yang terjadi bersamaan dengan ketika anda menggunakan anting. Apakah anda mengetahui bahan dari anting yang Anda gunakan?

Namun, jika keluhan gatal tersebut hanya terjadi ketika anting digunakan dan kemudian mereda ketika anting dilepas, maka kemungkinan besarnya adalah reaksi alergi akibat bahan anting tersebut (terutama bahan bukan emas murni). Untuk itu memang penggunaannya perlu dihentikan, atau mengganti anting dengan bahan yang tidak membuat alergi.

Hal yang kami sebutkan diatas masih merupakan dugaan. Untuk memastikannya sebaiknya anda memeriksakan diri kepada dokter spesialis kulit, serta diskusikan perlu tidaknya penggunaan obat ketika tanda radang (gatal dan kemerahan pada telinga) anda kambuh .

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar