Sukses

Pengobatan LBP

12 Jul 2018, 11:05 WIB
Wanita, 24 tahun.

Selamat pagi dok. Saya penderita LBP, saya pernah baca artikel yg membahas tentang LBP di artikel tersebut menjelaskan kalau menderita LBP tidak boleh mengonsumsi kacang kacangan, emping, daun maninjau, jeroan, daging merah, makanan kaleng, kelapa, alkohol, durian, kangkung bayam.. Tapi di artikel lain justru di anjurkan mengonsumsi kacang kacangan, daging sapi, bayam.. Jadi yg baik untuk di konsumsi penderi LBP yg mana ?? Terimakasih

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Pengobatan LBP.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Low back pain (LBP) atau nyeri punggung bawah termasuk salah satu dari gangguan muskuloskeletal, gangguan psikologis dan akibat dari mobilisasi yang salah. LBP menyebabkan timbulnya rasa pegal, linu, ngilu, atau tidak enak pada daerah lumbal berikut sakrum (punggung tengah bagian bawah). LBP diklasifikasikan kedalam 2 kelompok, yaitu kronik dan akut. LBP akut akan terjadi dalam waktu kurang dari 12 minggu. Sedangkan LBP kronik terjadi dalam waktu 3 bulan. Yang termasuk dalam faktor resiko LBP adalah umur, jenis kelamin, faktor indeks massa tubuh yang meliputi berat badan, tinggi badan, pekerjaan, dan aktivitas / olahraga.

Penyebab LBP diantaranya adalah :

  • Proses degeneratif, meliputi: spondilosis, HNP, stenosis spinalis, osteoartritis
  • Penyakit Inflamasi (peradangan) Artritis rematoid dan spondilitis angkilopoetika
  • Osteoporotik. Sakit pinggang pada orang tua, seringkali disebabkan oleh osteoporosis
  • Kelainan Kongenital
  • Gangguan Sirkulatorik
  • Tumor
  • Keracunan logam berat, misalnya radium.
  • Infeksi Akut disebabkan oleh kuman piogenik (stafilokokus, streptokokus) dan kronik contohnya pada spondilitis tuberkulosis (penyakit Pott), jamur, osteomielitis kronik.
  • Problem Psikoneurotik

Gejala LBP sesuai dengan penyebab masing-masing, mungkin yang cukup banyak diderita oleh kalangan reproduktif adalah LBP akibat sikap yang salah, terutama di waktu duduk dan bekerja. Nyeri pinggang dapat diatasi dengan pemberian obat-obatan, istirahat dan modalitas. Anda dapat terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Pengobatan LBP. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar