Sukses

Berat Badan Bayi Tidak Naik-naik

12 Jul 2018, 08:44 WIB
Pria, 30 tahun.

Saya seorang bpk dgn anak laki2 dgn usia hampir 7 bln,anak saya sudah 3 bulan brturut2 bb nya stuck di kisaran 6.8kg paling berat skitar 7kg, apakah ini masih normal ?apa perlu cek lanjutan ke dr sp ?klo iya saya harus ke dr sp apa ? Sp anak / gizi ? Terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Pertambahan BB bayi bisa dilihat per triwulan. Pada triwulan I, kenaikan BB berkisar 150-250 gram/minggu, triwulan II kenaikannya 500-600 gram/bulan, triwulan III naik 350 – 450 gram/bulan, dan triwulan IV sekitar 250-350 gram/bulan.

Untuk melihat normal-tidaknya BB bayi adalah saat usianya mencapai 6 bulan dan 1 tahun. Di usia 6 bulan, BB bayi harus mencapai 2 kali lipat berat lahir dan menjadi 3 kali lipatnya pada usia 1 tahun. Kurang dari ini, BB nya bisa disebut rendah atau bayi kurus . Bayi kurus adalah yang saat lahir BB-nya rendah atau di bawah 2.500 gram.

Untuk mencapai berat badan ideal, harus diperhatikan pola pemberian makan pada bayi. Rekomendasi yang dianjurkan oleh WHO sebaiknya adalah ASI eksklusif selama 6 bulan pertama karena nutrisi yang dikandung oleh ASI mencukupi untuk kebutuhan gizi bayi sampai dengan usia 6 bulan. Setelah usia tersebut maka dianjurkan untuk memberikan makanan tambahan dengan konsistensi dari cair-semi padat-sampai padat secara perlahan-lahan.

Pada usia 6-9 bulan, dimulai makanan tambahan pendamping dari yang cair terlebih dahulu (susu formula) ditambah makanan halus seperti bubur susu, buah, dan sayuran. Makanan ini dihaluskan dan dimasak (tim halus). ASI dianjurkan diteruskan selama 1 tahun kehidupan. Bahkan jika memungkinkan untuk diteruskan hingga 2 tahun, justru hal ini lebih baik bahkan karena bayi mendapat manfaat yang lebih banyak. Bagaimana dengan jadwal MPASI anak Anda?

Jika merasa sudah memenuhi gizi anak namun BB tidak juga naik segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis anak. 

Demikian, semoga bermanfaat. 

    0 Komentar

    Belum ada komentar