Sukses

Mimisan Saat Kecapekan

12 Jul 2018, 08:44 WIB
Wanita, 14 tahun.

permisi Dok, tadi saya ada kegiatan sekolah, gatau kenapa kalau kecapean atau panas2an saya suka mimisan. dari SD saya suka begini. saya terkena penyakit apa ya dok?

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai mimisan saat kecapekan melalui fitur Tanya Dokter.

Apa yang Anda alami dapat berupa mimisan ringan yang terjadi karena pecahnya pembuluh darah. Hal ini sering disebabkan karena perubahan suhu yang terlalu drastis atau karena disertai dengan pilek. Anda dapat menghindari perubahan suhu yang terlalu drastis sehingga tidak menghirup udara terlalu panas, menghindari membuang ingus terlalu keras dan menghindari tindakan mengorek-ngorek hidung. Pada umumnya mimisan tidak berbahaya namun dapat juga merupakan tanda dari penyakit lain yang lebih serius seperti polip hidung, sinusitis, gangguan sekat hidung, kelainan darah atau kegananasan. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu dan mungkin pemeriksaan penunjang yang diperlukan sehingga dapat diketahui penyebab dari keluhan Anda. Untuk itu, jika keluhan masih tetap berlangsung maka sebaiknya Anda mengunjungi Dokter Spesialis THT untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Tindakan yang paling baik bila Anda mimisan adalah duduk, menundukkan kepala tetapi usahakan kepala tetap diatas jantung, yang akan mengurangi perdarahan. Menundukkan kepala dapat mengurangi perdarahan dan menghindari darah masuk ke dalam kerongkongan.Beberapa laporan dari jurnal menyebutkan anda dapat mengurangi perdarahan pada mimisan dengan cara menggunakan jempol dan jari telunjuk untuk menekan jaringan lunak pada hidung selama 5-10 menit. Kompres dingin pada pangkal hidung juga dapat mengurangi perdarahan.Apabila masih mengalami perdarahan lebih dari 20 menit, atau akibat dari benturan pada kepala, segera konsultasikan ke dokter Anda.

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan mengenai mimisan saat kecapekan. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar