Sukses

Hasil Pemeriksaan TSH

11 Jul 2018, 20:21 WIB
Wanita, 43 tahun.

Di leher saya ada benjolan dokter , kemarin cek darah dan hasilnya TSH-s nya 2,2561 Apakah itu normal dok? Terimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar hasil pemeriksaan laboratorium tiroid menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. Normalnya nilai TSH ialah adalah 0,4-4,5 mIU/L meskipun dapat bervariasi antar lab. Kadar TSH yang berada di luar kisaran tersebut diklasifikasikan sebagai hipotiroidisme atau hipertiroidisme. Bagaimana dengan hasil pemeriksaan fungsi tiroid lainnya?

Fungsi utama kelenjar tiroid adalah mengeluarkan hormon yang membantu mengatur metabolisme. Hormon yang dikeluarkan kelenjar tiroid juga berperan dalam perkembangan normal organ seperti jantung dan otak, serta untuk fungsi reproduksi normal. Jumlah produksi hormon yang tepat penting pula untuk metabolisme tulang dan kalsium. Hormon yang diproduksi oleh kelenjar tiroid adalah tiroksin (T4) dan tri-iodothyronine (T3). Kadar kedua hormon ini yang terlalu tinggi atau terlalu rendah bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Hipertiroid merupakan manifestasi atau gejala yang timbul akibat kelenjar tiroid yang hiperaktif. Terdapat beberapa penyebab hipertiroid, yaitu:

Penyakit graves (tersering)

  1. Adenoma toksik
  2. Karsinoma tiroid
  3. Gondok multinodusa toksik
  4. Tiroiditis subakut
  5. Obat (yodium, litium), dan sebagainya.

Gejala hipertiroid dapat berupa;

  • Mudah berkeringat
  • Berat badan sulit naik
  • Gemetar.

Apakah Anda mengalami satu atau lebih gejala di atas?

Prinsip pengobatan pada pasien hipertiroidisme tergantung dari penyebab hipertiroidisme tersebut, usia pasien, riwayat alamiah perjalanan penyakit, tersedianya terapi atau tidak, risiko pengobatan, dan sebagainya. Diperlukan diskusi dan kerjasama yang baik antara dokter dan pasien agar mendapatkan hasil yang optimal.

 

Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Penyakit Dalam untuk mendapatkan diagnosa dan tata laksana terbaik dari kondisi yang ada.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar