Sukses

Dada Terasa Terbakar, Mual, Tulang Rahang Nyeri Saat Berolahraga

11 Jul 2018, 20:15 WIB
Wanita, 16 tahun.

Selamat sore dok, saya ingin bertanya. Setelah liburan panjang saya jadi jarang berolahraga, nah setelah saya mencoba berolahraga pada hari minggu lalu dada saya terasa terbakar dan perut menjadi kembung dan keram. Juga saya tidak mengeluarkan cairan bening seperti biasanya, tulang rahang saya (dekat dagu) juga terasa sakit jika disentuh. Ini kenapa ya dok, mohon penjelasannya..

Terima kasih telah bertanya seputar Dada Terasa Terbakar, Mual, Tulang Rahang Nyeri Saat Berolahraga menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda pasti sangat mengganggu Anda.

Keluhan tidak nyaman di dada belum secara spesifik mengarahkan kepada penyakit tertentu. Untuk mementukan diagnosis diperlukan pemeriksaan fisik dan penunjang oleh dokter.

Kalau ada riwayat sakit jantung sebelumnya, memang perlu diwaspadai bahwa keluhan dada terasa panas disebabkan oleh penyakit jantung koroner. Namun demikian, penyebab dada terasa panas tidaklah selalu oleh sakit jantung. Keluhan seperti yang Anda sebutkan dapat disebabkan oleh berbagai sebab, diantaranya disebabkan karena gangguan jantung, gangguan otot atau tulang, paru-paru, saluran pencernaan atau psikologis.

Gejala sakit yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah rasa tidak nyaman di dada yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, sakit berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Sakit juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Sakit yang demikian disebut dengan Angina.

Gejala sakit angina umumnya dipicu oleh latihan (olahraga, aktivitas fisik, aktivitas seksual), emosi (stres, marah, ketakutan, frustrasi), dan menghilang dengan istirahat atau kombinasi dari istirahat dan nitrogliserin sublingual. Bagaimana dengan ayah Anda?

Sakit karena masalah otot dan tulang: biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Sakit akan membaik dengan antisakit seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.

Sakit karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.

Sakit karena saluran pencernaan: biasanya karena maag/GERD. Gejala berupa rasa asam atau pahit di mulut dan sakit ulu hati. Sakit ini berkurang dengan pemberiaan obat lambung atau maag.

Nyeri dada bisa juga disebabkan oleh masalah psikologis, tetapi ini baru dipikirkan bila masalah-masalah lain sudah bisa disingkirkan.

Sebaiknya Anda memeriksakan diri Anda ke dokter spesialis jantung dan pembuluh darah atau spesialis penyakit dalam mengenai sakit dada Anda agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik bila perlu rekam jantung sehingga penyebab dari gejalanya dapat diketahui dan diobati.

Demikian, semoga informasi tentang penyebab dada terasa panas ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar