Sukses

Pandangan Gelap, Pusing, Sesak, Mulut Terasa Pahit
11 Jul 2018, 20:13 WIB
Pria, 23 tahun.

Selamat sore dok, perkenalkan saya isma saat ini saya berstatus sebagai mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di semarang. Dok saya mau bertanya, tapi sebelumnya saya menceritakan kronologisnya. Pada pagi hari kemarin tanggal 9 saya merasa bahwa saya baik-baik saja. Lalu pada jam 9 pagi saya pergi ke toko buku dengan mengendarai bus umum (seperti trans jakarta) sebelumnya saya sudah sarapan (nasi+ayam). 30 menit kemudian saya sampai di toko buku, ketika sudah sampai di toko buku saya mencari buku yang ingin saya beli, nah ketika saya sedang mencari buku tiba-tiba saya merasa haus, saya baru ingat kalau saya belum minum sejak pagi.lalu saya keluar dari toko buku untuk membeli minum. Nah ketika saya sedang menunggu minuman saya tiba-tiba saya merasa mual, telinga terasa panas, dan mulut terasa pahit. setelah minuman saya jadi saya langsung minum saya pikir ketika saya minum gejala itu akan hilang, tetapi ternyata masih ada juga, lalu saya beranjak dari tempat minum saya, nah pas saya berdiri dan berjalan beberapa langkah tiba- tiba pandangan mata saya menjadi gelap, tubuh saya terasa sangat lemah dan ingin terjatuh, mulut terasa pahit, telinga panas kepala pusing dan tiba-tiba terasa sesak napas padahal di ruang terbuka. Yang ingin saya tanyakan, dari gejala-gejala tersebut sebenarnya apa yang terjadi pada diri saya dan sebaiknya apa yang saya lakukan ?Terima kasih sekiranya dokter berkenan menjawa pertanyaan saya ini :)

Terima kasih telah bertanya seputar Pandangan Gelap, Pusing, Sesak, Mulut Terasa Pahit menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan yang Anda utarakan kemungkinan akibat hipoglikemia dan atau hipotensi.

Hipoglikemia merupakan suatu kondisi dimana cadangan gula (sebagai sumber energi) dalam tubuh berkurang atau tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan seluruh tubuh. Keadaan ini dapat menyebabkan hipotensi, yaitu tekanan darah menjadi rendah.

Hipotensi atau tekanan darah rendah tidak dianggap sebagai kondisi yang tidak mematikan, namun jika orang mengalami tekanan darah rendah ini beberapa gejala yang timbul adalah pusing, pingsan, kelelahan, gangguan tidur, kecemasan, tangan dingin, penglihatan kabur, dll. Tekanan darah rendah dapat disebabkan oleh berbagai faktor lain, seperti dehidrasi darah ringan atau berat, kurang minum, kurang tidur, haid yang tidak normal, peradangan pada organ-organ tubuh seperti pankreatitis akut, kelemahan pada otot jantung yang lambat, bahkan beberapa asupan obat tertentu dapat menimbulkan kondisi ini.

Beberapa gejala orang yang mengalami darah rendah / hipotensi, adalah:

Mudah pusing dan mengeluarkan keringat dingin bahkan sampai pingsan

Sering menguap, mudah mengantuk dan  ketika sudah tertidur susah untuk bangun tidur (merasa terus masih mengantuk, dan berat rasanya untuk bangun)

Mata kabur secara tiba-tiba dan terasa berkunang-kunang / terasa kesmutan di mata.

Mudah merasa capek, lelah dan badan terasa selalu lemas

Gejala ini umumnya akan berkurang setelah beristirahat dan mengisi energi kembali dengan makan atau minum air gula. Dan umumnya kondisi ini tidak terjadi dalam waktu lama . Namun jika gejala ini menetap, bahkan setelah berisitirahat sebaiknya Anda memeriksakan diri kepada dokter terdekat untuk dicari penyebab lainnya dan solusi apa yang paling tepat untuk dilakukan,

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar