Sukses

Wajah Mengelupas setelah Menggunakan Krim Asam Retinoat

11 Jul 2018, 20:01 WIB
Wanita, 17 tahun.

Assalamu'alaikum wr.wb dok, saya mau nanya. Awal cerita sya salep vitacid yang kadar 0,1% utk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat, kebetulan jga saya beli di apotik lngsg dikasih kadar 0,1% dan saya memakainya 1hari sekali, namun pada saat pemakaian 1minggu wajah saya jadi kering, kulit agak memerah dan mengelupas. Lebih baiknya penggunaan salep Vitacid diberhentikan dulu beberapa hari lalu klo sudah membaik bisa dilanjut kembali dg frekuensi penggunaan yg dikurangi atau langsung frekuensi penggunaannya dikurangi? Oh ya dok, bolehkan saya mengompres wajah saya dg Es Batu agar meminimalisir rasa perihnya dan mempercepat penyembuhannya? Sekian dok, Terima kasih Wassalamu'alaikum wr.wb

Terima kasih telah bertanya seputar Wajah Mengelupas setelah Menggunakan Krim Asam Retinoat menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. Obat yang Anda pakai mengandung retinoic Acid atau tretinoin merupakan turunan dari Vitamin A yang banyak digunakan untuk mengobati acne vulgaris (jerawat) dengan mengurangi komedo dan peradangan. Retinoic acid yang beredar di pasaran sendiri terdiri dari bermacam dosis mulai dari 0.025 hingga 0.1%. Penggunaannya biasanya digabungkan dengan obat lainnya ataupun terkadang digunakan tunggal saja. 

Efek samping dari retinoic acid berupa eritema (kemerahan), peeling (kulit mengelupas), kulit kering, fotosensitivitas (peka terhadap cahaya matahari), perubahan warna kulit (hipopigmentasi/hiperpigmentasi), bengkak, dan alergi. Retionic acid dapat mengurangi produksi sebum (kelenjar minyak) pada kulit sehingga dapat membuat kulit dan bibir menjadi kering.

Kontraindikasi obat ini adalah orang yang memiliki hipersensitivitas terhadap retinoic acid. Hindari penggunaan obat ini di daerah sekitar mata, mulut, dan sudut hidung. Obat ini tersedia dalam bentuk oral/tablet, cream atau gel. Sediaan oral hanya digunakan pada kasus acne vulgaris berat.

Cream retinoic acid digunakan hanya pada malam hari, oleskan 1-2 jam sebelum tidur untuk memberikan waktu kepada kulit menyerap obat tersebut dan menghindari cream menempel pada bantal. Gunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih dan pelembab pada pagi harinya untuk mengurangi efek samping.

Pada awal penggunaan, jerawat yang muncul dapat lebih banyak dari sebelumnya karena obat ini mengangkat komedo pada kulit. Anda tidak perlu khawatir, penggunaan obat kulit memang memerlukan waktu yang tidak sebentar dan memerlukan kesabaran. Hasil akan terlihat setelah kurang lebih 3 bulan pemakaian.

Saran kami, tetap lanjutkan penggunaan cream retinoic acid setiap hari sesuai anjuran dokter. Kami tidak menganjurkan agar Anda menaikkan dosis obatnya sendiri, karena untuk menyesuaikan dosis diperlukan pemeriksaan dan anamnesis lebih lanjut oleh dokter.  Untuk itu kami menyarankan agar Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kulit dan kelamin.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar