Sukses

Herpangina

11 Jul 2018, 19:01 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok.., anak saya lagi kena herpangina.. Jadi d mulutnya bnyak sariawan... Trs dia ga bisa makan... Cuma mnum jus, air putih sama asi aja.... Apkh it saja ckup? Ato hrus saya bawa kerumah sakit ya? Btw anak saya umur 1tahun 16hari...

Terima kasih telah bertanya seputar herpangina menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. Herpangina merupakan infeksi yang disebabkan oleh virus (tersring : coxsackie) yang ditandai dengan adanya sariawan di rongga mulut, biasanya di bagian belakang tenggorok atau atap mulut. Selain itu, keluhan disertai dengan demam tinggi.

Herpangina mirip dengan penyakit hand, foot and mouth disease (HMFD). Karena disebabkan oleh virus, penangananya ialah dengan memberikan cairan yang cukup , pastikan hidrasi anak tercukupi dengan banyak memberikan minum. Selain itu dapat pula memberikan penurun demam seperti parasetamol jika disertai demam. Perilaku cuci tangan yang baik dapat membantu mencegah penyebaran penyakit ini.

Penyakit ini bersifat self limiting atau bisa sembuh sendiri selama daya tahan tubuh anak baik. Sariawan biasanya akan mengilang dalam 7 hari. Segera bawa anak Anda ke dokter bila terdapat salah satu tanda berikut:

  1. demam tinggi >40C atau demam tidak turun
  2. sariawan dan radang tenggorok lebih dari 5 hari
  3. ada salah satu tanda dehidrasi seperti mulut kering, tidak mengeluarkan air mata saat menangis, lemas, tidak buang air kecil > 6 jam, urin pekat dan gelap, mata cekung.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar herpangina. Semoga bermanfaat.

 

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar