Sukses

Kenapa Ujung Jari Sakit setelah Bermain gitar?

11 Jul 2018, 11:01 WIB
Wanita, 16 tahun.

Malam dok. Sewaktu SMP kelas 9, saya sudah sering main gitar. Tapi, akhir akhir ini, ketika saya menekan chord seperti not balok yang membutuhkan tenaga banyak dari jempol, sering sakit dok. Rasa sakitnya seperti menusuk dan tersetrum. Apakah saya perlu penanganan yang lebih lanjut?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memehami ketidaknyamanan yang Anda rasakan.

Pada ujung-ujung jari terdapat ujung-ujung saraf yang terletak dibawah lapisan kulit yang peka terhadap panas, dingin, tekanan, dan nyeri. Hal ini yang menjelaskan rasa nyeri yang Anda alami setelah bermain gitar.

Selain itu, Setelah beberapa minggu rutin bermain gitar, pada umunya akan terbentuk penebalan kulit pada ujung-ujung jari (kalus) yang berujung pada rasa nyeri. Pada kenyataannya, jika terus bermain gitar secara regular akan menimbulkan lebih banyak kalus sedangkan rasa nyeri akan semakin berkurang hingga menghilang, sehingga pada umumnya pemain gitar yang telah rutin berlatih tidak lagi merasakan nyeri pada ujung jari setelah bermain gitar. Namun jangan terlalu berlebihan saat berlatih, karena justru dapat membuat ujung jari luka bukannya terbentuk kalus. Luka justru akan membuat semakin susah untuk bermain gitar akibat nyeri yang perih, dan juga lambat dalam penyembuhannya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter 

    0 Komentar

    Belum ada komentar