Sukses

Gigi Permanen Yang Belum Tumbuh

11 Jul 2018, 10:39 WIB
Wanita, 19 tahun.

Halo dok . aku mau tanya . aku punya ponakan dia umur 6 tahun dan gigi depan nya udah copot 2 .tapi kenapa ya ko belum tumbuh tumbuh juga?kira kira harus gimana ya dok

Terima kasih sudah bertanya dengna menggunakan fitur Tanya Dokter.

Gigi tetap pada umumnya tumbuh secara berurutan dalam rentang waktu tertentu namun kecepatannya  tidak sama pada tiap-tiap anak. Gigi susu yang pertama tanggal biasanya didahului oleh gigi seri bawah pada umur sekitar 6-7 tahun, diikuti dengan gigi seri atas pada 7-8 tahun. Menurut literatur, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi erupsi (pertumbuhan) gigi tetap pada anak.

- Gender. Pada umumnya anak perempuan lebih cepat bicara dan lebih cepat mengalami pubertas dibandingkan anak laki-laki. Demikian juga untuk pertumbuhan gigi tetap, biasanya anak perempuan lebih cepat tumbuh gigi dan jaraknya dapat mencapai 4-6 bulan daripada anak laki-laki.

- Genetik. Gen memainkan peranan penting dalam berbagai tahap tumbuh kembang anak, termasuk juga erupsi gigi. Ada kemungkinan jika orang tua mengalami keterlambatan pertumbuhan gigi, anaknya pun dapat mengalami hal yang sama.

- Nutrisi. Anak dengan gizi yang kurang tercukupi dapat mengalami keterlambatan erupsi gigi, baik gigi susu maupun gigi tetap. Hal ini juga berkaitan erat dengan faktor sosioekonomi dan kondisi psikologis anak.

- Kondisi sistemik. Meskipun relatif jarang terjadi, keterlambatan erupsi gigi dapat menjadi pertanda awal bahwa anak mengalami gangguan sistemik tertentu, seperti misalnya gangguan tiroid atau defisiensi mineral.

- Benih gigi tetap memang tidak ada.

Anda tidak perlu terlalu khawatir mengenai hal ini, namun juga ada baiknya bila anda berkonsultasi ke dokter gigi spesialis gigi anak (drg. Sp.KGA).  Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan secara langsung untuk melihat apakah ada benih gigi tetap.  Jika dibutuhkan, dokter gigi akan merujuk ke bagian radiologi dan dilakukan pemeriksaan foto rontgen untuk melihat posisi benih gigi tetap.

Demikian informasi yang dapat diberikan. Semoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar