Sukses

Hasil Pemeriksaan Rontgen Dada

10 Jul 2018, 15:05 WIB
Wanita, 33 tahun.

Dok..saya mw tny,kmrn saya abiez rontgen thorax&hsil' ny sprti ini... -Trakea: Caliber normal,posisi d'midline -Aorta:Caliber&lengkung normal,tak nampak klasifikasi -COR:Bentuk normal,tak membesar -Paru:Citakan bronchovaskuler kasar.Air bronchogram sign+/+ Pascatrauma kanan/kiri suram tak merata -Sinus fr.nostalgia lancip -Diafragma kanan kiri:kubah&letak normal -Tulang2&soft tissue tak ada kelainan Kesan:Bronchopneumonia dd/kp Mohon penjelasan'ny ya dok apa mksud'ny dr hsil rontgen saya krna dktr'ny kmrn tdk menjelaskan dngn detail.Apakah penyakit saya ini berbahaya/tdk.Trims dok sblm'ny,..😇

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Hasil Pemeriksaan Rontgen Dada.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Berdasarkan hasil pemeriksaan pemeriksaan rontgen Anda, kemungkinan Anda mengalami proses infeksi di paru. Dicurigai Anda mengalami bronokopneumonia atau TBC. 

Bronkopneumonia ialah infeksi dan/atau peradangan pada alveoli (kantung udara) dan bronkus (saluran napas). Pada orang yang mmengalami bronkopneumonia dapat mengeluhkan sesak napas akibat penyempitan saluran napas. Gejala yang timbul dapat ringan hingga berat. Secara umum gejala bronkopneumonia yaitu batuk kering atau berdahak terus-menerus, nyeri dada saat bernapas, menggigil sesak napas, demam, sakit kepala dan kelelahan.

Bronkopneumonia dapat disebabkan oleh infeksi virus maupun bakteri. Bila disebabkan oleh virus seringkali tidak membutuhkan pengobatan kecuali gejala sangat berat dapat diberikan antivirus. Namun, bila disebabkan oleh infeksi bakteri, maka perlu diberikan antibiotik. Sebagian besar pasien akan merasa lebih baik setelah meminum antibiotik selama 3-5 hari. Bila disebabkan oleh bakteri dan diberikan antibiotik maka pasien wajib menghabiskan antibiotik sesuai anjuran dokter jangan menghentikan antibiotik hanya karena sudah merasa lebih enak karena dapat menyebabkan resistensi antibiotik.

Selain itu, Anda dapat melakukan hal berikut untuk mengurangi gejala bronkopneumonia:

  • istirahat yang cukup
  • minum air minimal 2L/hari
  • mandi air hangat atau menggunakan humidifier untuk membantu melegakan pernapasan

Pada beberapa kasus dibutuhkan perawatan di rumah sakit, indikasinya antara lain berusia di atas 65 tahun, sesak napas hebat, nyeri dada, penurunan kesadaran, tekanan darah rendah.

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi kuman Mycobacterium tuberculosis yang bersifat sistemik, yang dapat bermanifestasi pada hampir semua organ tubuh dengan lokasi terbanyak di paru yang biasanya merupakan lokasi infeksi primer. TBC ditularkan melalu droplet/udara.

Gejala yang timbul pada penderita TBC paru dapat berupa batuk-batuk yang produktif > 3 minggu, batuk berdarah, sesak nafas, nyeri dada, lemah, letih, berat badan menurun, nafsu makan menurun, berkeringat pada malam hari, demam yang tidak tinggi dan lain sebagainya.

Pengobatannya dengan obat anti tuberkulosis (OAT) yang diberikan secara 6 bulan dan harus diminum setiap hari secara teratur. Obat yang tidak diminum secara teratur dapat menyebabkan resistensi (kekebalan) kuman. Jika sudah terjadi resistensi, OAT tidak ampuh lagi membunuh kuman TBC dan kondisi ini akan memperparah penyakit TBC yang diderita.

Untuk memastikan kondisi Anda, kami sarankan Anda berkonsultasi kembali dengan dokter spesialis penyakit dalam atau dokter spesialis paru untuk evaluasi serta tatalaksana lebih lanjut. Karena dalam menentukan suatu diagnosa tidak hanya berpatokan pada pemeriksaan penunjang saja, namun dilihat dari pemeriksaan fisik menyeluruh. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Hasil Pemeriksaan Rontgen Dada. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar