Sukses

Tidak Haid 4 Bulan

10 Jul 2018, 12:58 WIB
Wanita, 24 tahun.

Pagi Dok Saya Rumi 24 tahun belum menikaah... saya mau tanya dok sudah 4 bulan terakhir ini saya tidak mengalami menstruassi dan yang menjadi fikiran saya baru satu bulannan ini saya lihat bagian vagina yang di tumbuhi bulu(mungkin namanya labia majora) itu yang kanan terasa dan terlihat lebih besar dari yang kiri dok... apakah itu berbahaya... trimakasih

Terimakasih telah bertanya tentang telat haid 4 bulan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Telat haid seringkali membuat wanita khawatir. Menstruasi merupakan peristiwa luruhnya dinding rahim akibat tidak terjadinya proses pembuahan. Peristiwa ini rutin terjadi setiap bulannya pada wanita yang tidak mengalami pembuahan. Siklus menstruasi normal berkisar antara 21-35 hari, namun jika Anda terlambat mengalami menstruasi, selain kehamilan, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan hal tersebut.

Faktor yang dapat menyebabkan telat haid bisa disebabkan oleh:

-Kehamilan, kehamilan membuat dinding rahim mempersiapkan diri untuk tempat tumbuh dan berkembangnya janin, sehingga tidak terjadi peluruhan dinding rahim.

-Stress, keadaan stres menyebabkan gangguan keseimbangan hormon GnRH yang dapat menyebabkan menstruasi tertunda

-Masalah Berat Badan, baik kelebihan maupun kehilangan berat badan. Perbaiki berat badan menuju berat badan ideal, konsumsilah makanan yang sehat agar siklus menstruasi tetap teratur. makanlah buah-buahan segar, sayuran dan biji-bijian. Hindari terlalu banyak makan junkfood karena dapat mempengaruhi kadar hormon dalam tubuh Anda

-Penyakit tiroid, gangguan pada kelenjar tiroid nyata dapat mempengaruhi siklus menstruasi karena dapat mengganggu keseimbangan hormon.

Penyebab dari bengkak pada vagina bisa disebabkan oleh kelenjar bartholin yang tersumbat. Kelenjar bartholin adalah 2 kelenjar yang berlokasi di kanan dan kiri pada bibir vagina yang berfungsi untuk memproduksi lendir untuk membasahi/melumasi vagina. Jika kelenjar bartholin tersumbat maka akan menyebabkan pembentukan kista yang berisi cairan. Kista ini dapat disebabkan oleh infeksi, peradangan, atau sumbatan lokal karena lendir vagina. Apabila disebabkan karena infeksi, kista tersebut berubah menjadi abses.

Penanganannya bergantung dari ukuran kista, ada tidaknya infeksi, nyeri atau tidaknya. Kista kecil dapat direndam di air hangat beberapa kali dalam sehari selama 3-4 hari untuk mengurangi nyeri dan agar kista dapat pecah dengan sendirinya. Atau dokter dapat memasang selang kecil / kateter untuk mengeluarkan cairan dari kista. Apabila kista berulang kali kambuh setelah diterapi maka kelenjar bartholin dapat diangkat dengan operasi / laser.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikaN. Semoga bermanfaat untuk Anda.

    0 Komentar

    Belum ada komentar