Sukses

Kantung Berisi Cairan Empedu

10 Jul 2018, 12:41 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok, saya pernah menjalani operasi batu empedu tahun 2015 dan kantung empedu diangkat, skrg saya merasakan sakit kembali di ulu hati dan setelah diperiksa ternyata ada semacam kantung baru berisi cairan empedu, dari apakah kantung itu dok? Apa berbahaya atau tidak? Dan apa yg harus saya hindari.. Mohon infonya terima kasih.

Terima kasih telah bertanya seputar Kantung Berisi Cairan Empedu menggunakan fitur Tanya dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. 

Kandung empedu terlibat penuh dalam proses terbentuknya cairan empedu yang disemprotkan ke dalam usus untuk membantu proses pencernaan, terutama makanan yang berlemak, di akhir terowongan usus, cairan ini akan ditarik kembali untuk dipakai ulang. Perlu Anda pahami bahwa cairan empedu terbuat dari kolesterol, yang tentunya diambil dari kolesterol dalam darah manusia.

Jika kolesterol terlalu menumpuk, maka akan terjadi proses saturasi dan pembentukan batu di dalam kandung empedu, batu ini bisa menyumbat saluran yang harus dilewati cairan empedu dan menimbulkan rasa nyeri di area perut dibagian atas. Nyeri dirasakan terutama jika mengkonsumsi makanan berlemak. 

Normalnya Organ hati memproduksi empedu untuk membantu pencernaan makanan. Jika kandung empedu diangkat, cairan empedu akan mengalir dari hati menuju langsung ke saluran empedu dan akhirnya ke usus halus, tanpa disimpan terlebih dahulu di kandung empedu. Karena setelah pengangkatan kandung empedu, aliran empedu ke usus halus menjadi lebih sering, maka tinja mungkin lebih lunak atau frekuensi buang air besar meningkat.

Kami sarankan Anda untuk berdiskusi kembali dengan dokter yang memeriksa Anda karena keterbatasan kami tidak memeriksa Anda secara langsung sehingga sangat sulit untuk menentukan diagnosis.

Semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar