Sukses

Darah Nifas Berhenti 2 Minggu

10 Jul 2018, 10:58 WIB
Wanita, 31 tahun.

Dok sy ingin tanya tentang masa nifas. Tgl 19 juni 2018 kmrn sy bersalin anak ke3 secara SC. Namun baru 2 minggu stlh SC darah nifasku dah gak ada. Apakah ini sdh berhenti masa nifas dah berakhir dok?

Terima kasih telah bertanya seputar masa nifas menggunakan fitur Tanya Dokter

Selamat atas kelahiran buah hati tercinta. Semoga ibu dan bayi sehat selalu dan ibu dapat cepat pulih dari luka akibat proses persalinan.

Masa nifas umumnya berakhir sekitar 40 hari setelah proses persalinan. Berakhirnya masa nifas ditandai dengan berhentinya perdarahan yang keluar dari vagina Anda. Masa nifas memang dapat selesai lebih cepat, tergantung kondisi Anda.

Adapun darah nifas yang keluar sebenarnya dibedakan menjadi 4 tahap yang secara berurutan adalah :

  • lokia rubra (berwarna merah berisi darah segar, jaringan sisa plasenta, dsb) sekitar 1 minggu
  • lokia sanguelenta (berwarna merah dan berlendir) sekitar 1-2 minggu
  • lokia serosa (berwarna kekuningan) selama 2 minggu
  • lokia alba (berwarna putih biasa dan bening) sekitar 6 minggu

Lokia alba merupakan darah nifas yang terakhir keluar, menandakan tahap pemulihan dan hampir berakhirnya masa nifas. Dengan demikian, darah berwarna merah kental yang keluar setelah masa nifas berakhir (setelah perdarahan nifas lokia alba sudah berhenti) dapat diartikan sebagai darah menstruasi.

Jika tidak ada keluhan seperti nyeri perut, bau yang sangat tidak sedap dari kemaluan Anda tak perlu khawatir. Mungkin saja Anda sudah masuk ke tahapan lokia serosa yang berwarna kekuningan. Jika terdapat keluhan Anda bisa melakukan kontrol kembali ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan yang menangani Anda untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar