Sukses

Benjolan di Anus

10 Jul 2018, 10:28 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok, nama saya icha, sudah 7 tahun saya merasa di dekat anus saya ada benjolan seperti daging, pertama saya kira itu wasir, saya tidak pernah merasakan nyeri ketika duduk terlalu lama atau pun ketika BAB, dan tidak pernah keluar darah, juga benjolan itu tidak pernah masuk atau keluar sendiri seperti tanda tanda orang yang terkena ambeyen atau wasir pada umumnya, tapi semangkin lama benjolan itu seperti membesar, yg awalnya sebesar biji jagung kini sudah membesar 3 kali lipat dri itu, dan bahkan sekarang sudah tumbuh satu lgi dan masih di dekat anus juga. Kura-kira itu kenapa ya dok, apakah berbahaya jika dibiarkan selama itu?

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Pada umumnya benjolan pada anus banyak disebabkan oleh wasir/ambeien/hemoroid. Pernahkah anda BAB dan bercampur darah segar? Kami mencurigai yang anda alami adalah hemoroid. Namun bukan disebabkan karena konsumsi ayam yang berlebihan atau maknan pedas.

Hemorrhoid merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Hemorrhoid dibagi menjadi 2 tipe :

Hemorrhoid eksterna: wasir dapat terlihat dari luar tanpa menggunakan alat apa-apa. Biasanya menimbulkan keluhan nyeri. Dapat terjadi pembengkakan dan iritasi. Jika terjadi iritasi, gejala yang muncul berupa gatal. Wasir jenis ini rentan terhadap trombosis (penggumpalan darah). Jika pembuluh darah vena pecah yang mengalami kelainan pecah, maka penggumpalan darah akan terjadi sehingga akan menimbulkan keluhan nyeri yang lebih hebat.

Hemorrhoid interna: wasir yang muncul didalam rektum., biasanya tidak nyeri. Perdarahan dapat timbul jika mengalami iritasi. Perdarahan yang terjadi bersifat menetes.

Sayang sekali Kami tidak dapat menentukan penyabab mana yang menjadi alasan dari keluhan Anda jika hanya berdasarkan informasi yang Anda utarakan tersebut. Dibutuhkan lebih banyak informasi dari wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan penunjang untuk menyakinnya. Pengobatan benjolan pada anus tergantung dari penyebabnya, kami menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan doker spesialis bedah umum untuk keluhan yang Anda alami.

1 Komentar

  • fajar fatalchu

    Betul Mba harus konsultasi dengan dokter spesialis bedah, pertama caranya di cek dulu anusnya kemudian di cek anus menggunakan jari. biasanya dokter bisa memprediksi itu wasir atau tumor, elanjutnya biasanya prosedurnya biopsi benjolan tersebut.