Sukses

Nanah di Bekas Luka Jahitan

10 Jul 2018, 10:41 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok mau tanya kemarin saya habis kena kecelakaan di pabrik jempol kaki sebelah kanan sobek terus kukunya dipotong kata susternya tapi dijahit 5, katanya dokter 2hari sekali ganti perban ,setelah 1minggu kemarin saya pergi ke poliklinik pabrik buat lepas jahitan pada saat lepas jahitan 4jahitan belum kering terus 1jahitan sudah kering tapi kenapa ada nanah soalnya selama diperban jempol saya tidak pernah kena air dok

Terima kasih telah bertanya seputar Nanah di Bekas Luka Jahitan menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami turut bersimpati atas kondisi yang Anda alami. Bagaimana keadaan luka Anda saat ini? Sayang sekali kami tidak dapat melihat secara langsung sehingga kami tidak dapat melihat kondisi luka yang terjadi pada Anda.

Jika terdapat nanah, kemungkinan terjadi infeksi pada area luka tersebut, bisa disebabkan oleh cara dan teknik penjahitan, cara perawatan luka yang tidak tepat maupun masih adanya benda asing di dalam tubuh Anda. Untuk merawat luka, Anda dapat membersihkannya dengan kassa yang dicelup atau diberikan cairan NaCl. Anda dapat membelinya di apotik: NaCl 0.9%. Jangan membersihkannya dengan alkohol karena alkohol bersifat iritatif dan bisa menyebabkan nyeri pada luka. Setelah dibersihkan dengan cairan NaCl, Anda dapat menepuk-nepuk atau "mengeringkannya" dengan kasa kering lalu kemudian dapat diberikan salep/krim antibiotik. Jangan mencabut nanah yang kering di kulit Anda karena akan membuat proses penyembuhan semakin lama dan terdapat infeksi sekunder.

Jika luka basah, usahakan untuk mengganti perban dan membersihkannya setiap hari. Jangan lupa juga untuk kontrol ke dokter yang menjahit Anda dan menanyakan mengenai kondisi yang Anda alami tersebut.

Semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar