Sukses

Fistula Preaurikuler

10 Jul 2018, 03:53 WIB
Wanita, 19 tahun.

Assalamualaikum Dok, saya dari dulu punya lubang kecil diluar telinga. Setelah saya searching, ternyata namanya preauricular sinus. Lalu kemungkinan bisa terjadi infeksi disitu. Kalo saya liat di youtube orang2 pada keluar sampe kaya nanah gitu, sedangkan punya saya kadang hanya keluar cairan bening encer tp berbau dan tidak begitu menimbulkan masalah. Nah yg saya mau tanyakan infeksi di preauricular sinus gejalanya apa saja, dan separah apa yang pengobatannya harus sampai dioperasi? Terimakasih sebelumnya

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Fistula atau sinus preaurikuler umumnya tidak memerlukan pengobatan bila tidak bergejala.

Cukup menjaga lubang tersebut untuk tetap kering dan bersih dan tidak tersumbat oleh kotoran untuk mencegah timbulnya infeksi. Tetapi bila terjadi infeksi biasanya menyebabkan daerah di depan daun telinga bengkak dan sakit yang mungkin pecah serta bernanah.

Hal ini diterapi dengan antibiotik dan dilakukan pengangkatan fistula itu seluruhnya, oleh karena bila tidak bersih akan menyebabkan kekambuhan.

Untuk itu kami menganjurkan anda untuk segera memeriksakan diri kepada dokter THT. Bila benar lubang tersebut merupakan fistula yang terinfeksi, maka infeksi perlu terlebih dahulu ditangani hingga radang mereda. Barulah kemudian dilakukan pengangkatan pada lubang fistula tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar