Sukses

Kulit Kemerahan Setelah Memakai Obat Jerawat

10 Jul 2018, 03:31 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok, saya tipe kulit yg mudah jerawat & gampang berminyak. Saya sedang berjerawat parah dan saya konsultasi & memakai krim racikan dari skin center (D*I). Reaksi krimnya merah2 dan mengelupas di smile lines saya & di bawah bibir (area dagu) trs saya sering bersihkan pakai toner dan saya gosok sangat keras, alhasil sekarang bukan merah2 tp agak gosong. Di wajah bagian kiri dan kanan hanya sisa merah2nya saja. Apakah kemerahan di kulit saya karena terlalu banyak menggunakan krimnya, Dok?

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Bila Anda baru saja memulai pengobatan, reaksi kemerahan dan rasa perih merupakan hal yang normal. Ini karena krim jerawat racikan umumnya mengandung asam retinoat yang berfungsi untuk mengeluarkan sisa-sisa jerawat dari dalam kulit. Bisa jadi, Anda juga mengalami fase bursting out di mana jerawat akan tampak lebih banyak.

Tujuan semua pengobatan jerawat memang seperti ini, di mana jerawat dikeluarkan dulu semua, setelah itu baru akar-akarnya dimatikan. Jadi, Anda bisa mengantisipasi kalau-kalau nanti jerawat tambah banyak bukan karena obatnya tidak bekerja, melainkan karena cara kerja obatnya seperti itu.

Ini sebabnya pengobatan jerawat membutuhkan waktu, paling tidak 3 bulan untuk bisa dilihat hasilnya.

Untuk mengatasi kemerahan dan rasa perih, biasanya dokter kulit meresepkan pula krim malam dan sunscreen, bersama dengan krim racikan tersebut.

Agar hasilnya optimal, sebaiknya selalu konsultasikan terkait penggunaan produk-produk di luar racikan dokter agar tidak 'tabrakan' dan saling bereaksi, hingga membuat kulit Anda iritasi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar